Permintaan Nenas Meningkat Jelang Idul Fitri

0
238

Permintaan Nenas Meningkat Jelang Idul Fitri Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotambagu Barat, dikenal sebagai penghasil nenas di Kota Kotamobagu. Ditanam dan diolah oleh warga setempat, buah nenas menjanjikan keuntungan yang besar. Terlebih di saat bulan ramadhan seperti ini, permintaan buah nenas meningkat drastis. Hal itu menjadi berkah tersendiri bagi para petani dan penjualnya.

“Iya, ada peningkatan mulai dari awal puasa. Sebelum puasa yang terjual biasanya hanya 20 buah saja, tapi sekarang sudah naik jadi lebih dari 30 atau 40 buah per hari,” kata Saryani Lobud, salah satu penjual Nenas di Kelurahan Mongkonai Barat, Kecamatan Kotamobagu Barat.

Ia memprediksi, permintaan nenas ini akan terus mengalami peningkatan seiring dengan semakin dekatnya Hari Raya Idul Fitri. “Nenas ini biasanya dijadikan selai untuk kue kering. Jadi kalau sudah dekat hari raya, pasti banyak yang datang membeli. Kalau soal ketersediaan stok, masih aman sampai hari ini,” ujarnya.

Kepala Bidang Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan, Ramjan Mokoginta, mengatakan jumlah panen nenas tahun ini cukup banyak. Meski tak merinci berapa jumlah per satu kali panen, namun ia meyakini hasil panen petani itu bisa mencukupi permintaan buah nenas jelang idul fitri.

 “Jumlah panen nenas tahun ini meningkat. Jadi stoknya aman saat ini,” katanya.

Sekadar diketahui, Nenas yang ada di Kelurahan Mongkonai tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Selain memiliki ukuran yang besar juga rasanya manis sehingga cocok untuk dijadikan selai. Karena keunggulannya itu, investor dari Negeri China tertarik untuk mengembangkannya dan berencana mendirikan pabrik Nenas di Kelurahan Mongkonai. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here