Pertarungan sengit, 168 Caleg Bakal Terima ‘Pil Pahit’

0
493

Pertarungan sengit, 168 Caleg Bakal Terima 'Pil Pahit' Boltim Politik

ZONA BOLTIM – Pertarungan memperebutkan kursi dewan kabupaten (Dekab) Bolmong Timur diprediksikan bakal berlangsung ketat, sebanyak 188 calon legislatif (Caleg) dari 12 partai politik (Parpol) bakal tampil habis-habisan untuk bisa sedikitnya meraup 2462 suara per Caleg di Dapil I dengan jumlah 9 kursi, sementara untuk dapil II dengan jumlah 11 kursi, setiap caleg sedikitnya membutuhkan 2602 suara.
Hal itu berdasarkan daftar pemilih tetap (DPT) yang telah diplenokan komisi pemilihan umum (KPU) beberapa waktu lalu yakni 50.970 DPT, dengan rincian dapil I berjumlah 22.159 DPT dan dapil II sebanyak berjumlah 28.631 DPT.
Pengamat politik, Irfan Mokodongan mengatakan, 188 caleg yang ada harus bekerja ekstra guna mewujudkan mimpi mereka menjadi anggota dewan. Saingan dari setiap caleg tak hanya dari partai berbeda, tetapi juga dari internal partai. “Yang harus diwaspadai adalah dari internal partai, karena yang berhak menjadi anggota Dekab nanti adalah mereka yang mampu meraih suara terbanyak,” kata Irfan.

Dia memprediksi, persaingan didapil II bakal lebih ketat jika dibandingkan dengan dapil I. Alasannya, didapil yang meliputi kecamatan Nuangan, Tutuyan dan Kotabunan itu hanya menyediakan 11 kursi, sementara ada 105 Caleg yang terdaftar. “Otomatis ada 94 Caleg yang akan merasakan pil pahit didapil itu, dipastikan para caleg akan tampil all out untuk bisa merebut sedikitnya 2602 suara.

Lanjutnya, untuk dapil I juga tak kalah sengit. “Disana hanya 9 kursi sementara terdapat sebanyak 83 caleg, maka untuk 1 kursi akan diperebutkan oleh 9 caleg, dan setiap caleg harus meraih suara sebanyak 2462,” kata alumni UNG itu.

Sementara itu, Komsioner KPU, Awaludin Umbola mengatakan, meskipun persaingan akan berlangsung ketat, namun setiap caleg harus memperhatikan hal-hal yang sudah ditentukan oleh penyelenggara pemilu. “Persaingan sesama caleg itu biasa, tetapi harus sesuai dengan mekanisme yang berlaku, Bersaing sehat dan mari bersama kita sukseskan pemilu legilsatif ini. Ajaklah masyakarakat untuk menjadi pemilih yang cerdas,” kata Umbola.(*)

Nama Dapil

Jumlah Pemilih

Jumlah Kursi

Jumlah Caleg

Dapil I

22.159

9

83

Dapil II

28.631

11

105

Total DPT   : 50.790

Total Kursi : 20

Nama Dapil

Jumlah Pemilih

Jumlah Kursi

Jumlah Caleg

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here