Pertumbuhan Ekonomi Kota Kotamobagu Capai 7,78 Persen

0
394
Pertumbuhan Ekonomi Kota Kotamobagu Capai 7,78 Persen Kotamobagu
Wali Kota Kotamobagu, Ir Tatong Bara

ZONA KOTAMOBAGU – Sebagai daerah yang baru berusia 8 tahun, pertumbuhan ekonomi Kota Kotamobagu bisa dikatakan cukup fantastis. Betapa tidak, di tahun 2015 pertumbuhan ekonomi mencapai 7,78 persen.

Menurut Wali Kota Kotamobagu, Ir Hj Tatong Bara, secara sektoral pertumbuhan ekonomi Kota Kotamobagu bervariasi dengan angka tertinggi sebesar 9,28 persen. Angka tersebut berasal dari sektor keuangan, real estate dan jasa perusahaan, diikuti jasa konstrusi sebesar 9,24 persen, dan sektor jasa sebesar 8,58 persen.

“Untuk Human Procurment Index (HPI) hasil Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yang diukur dari angka harapan hidup, melek huruf, pendidikan dan usia harapan hidup, Kota Kotamobagu menempati peringkat ke-5 dari 15 Kabupaten/Kota di Sulut. Dengan nilai IPM 77,05 persen,” ujar Tatong.

Diukur dari Therminologi Tipologi, yang digunakan untuk perencanaan ekonomi daerah, berdasarkan wilayah dan kawasan PDRB, Kota Kotamobagu juga masuk pada kuadran III secara nasional, atau daerah dengan pertumbuhan ekonomi cepat dan tinggi.

Meski demikian kata Wali Kota, apa yang dicapai Pemerintah Kota Kotamobagu saat ini tak lepas dari peran dan kontribusi para pemimpin sebelumnya, dalam kurun waktu 8 tahun sejak terbentuk sebagai sebuah DOB tahun 2007 lalu.

Wali Kota mengungkapkan, Kota Kotamobagu telah dinahkodai para pemimpin yang telah memberikan pengabdian, telah meletakkan dasar dasar pelaksanaan pemerintahan, kemasyarakatan, demi kemajuan daerah tercinta ini, mulai dari pejabat sebelumnya, yaitu Ir Siswa R Mokodongan, dilanjutkan oleh Drs Djelantik Mokodompit, hingga pemerintahan saat ini.

“Dalam kesempatan ini, saya dan Wakil Wali Kota memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada pemimpin terdahulu, yang telah memberi kemajuan bagi Kota Kotamobagu,” ucapnya.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here