Pilgub Sulut, Maya Rumantir: Mari Berhenti Bicara Sukuisme

0
388
Pilgub Sulut, Maya Rumantir: Mari Berhenti Bicara Sukuisme Headline Politik
Maya Rumantir saat berbincang dengan sejumlah awak media

ZONA POLITIK – Calon Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) usungan Partai Demokrat dan Gerindra, Maya Rumantir, mengajak masyarakat agar mengedepankan nasionalisme dan menghilangkan paham sukuisme terkait hajatan pemilihan gubernur (Pilgub) Sulut mendatang.

Hal itu disampaikan Rumantir kepada sejumlah awak media, usai menghadiri perayaan ulang tahun ke-14 Partai Demokrat yang digelar di Aula Lembah Bening, Jumat (11/09), “Mari kita berhenti bicara sukuisme dan kedepankan nasionalisme. Suku, agama dan ras bukanlah penghalang seseorang untuk memajukan daerah,” ungkapnya.

Saat disinggung soal pemekaran Provinsi BMR, Rumantir mengungkapkan bahwa semuanya harus melewati proses, karena menurutnya yang terpenting bukan cepat atau lambatnya namun kesiapan masyarakat BMR.

“Apa masyarakat BMR sudah siap belum memekarkan diri? Jangan-jangan nanti ada kepentingan-kepentingan pihak tertentu saja. Kalau sudah pisah betul-betul sejahtera nggak nanti? Iya kan?” ujar artis senior era 80-an ini.

“Saya ini seorang ibu ya, jangan ditantang-tantang begitu, harus dilindungi perempuan,” candanya saat seorang wartawan menanyakan keberaniannya jika ditantang membuat perjanjian tertulis dengan warga BMR, terkait kesiapan memperjuangkan pemekaran.

Dirinya pun lanjut mengungkapkan bahwa tak perlu mengumbar janji-janji, yang terpenting baginya adalah bagaimana menata kembali moralitas publik, “Tidak usah kita bicara harus ini harus itu. Ada jaminan nggak kalau si A terpilih atau si B? Jalani dulu, yang penting bersih dari segala hal negatif,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, anggota DPD-RI peraih suara terbanyak di Sulut pada Pemilu 2014 ini berpesan, agar masyarakat menolak adanya politik uang, “Karena akar dari kejahatan itu uang. Yang terpenting bagaimana menata kembali moralitas publik. Kalau moralitas ada pasti masyarakat berkualitas dan bersinar,” harapnya.

Reporter: Iswahyudi Masloman

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here