Pilsang Antar Waktu Desa Poyowa Kecil Digelar Akhir Tahun

Pilsang Antar Waktu Desa Poyowa Kecil Digelar Akhir Tahun Kotamobagu
Nasrun Gilalom

ZONA KOTAMOBAGU – Pemilihan Sangadi (Pilsang) antar waktu di Desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, direncanakan akan digelar akhir tahun ini. Hal ini diutarakan Asisten I Sekretariat Daerah (Setda), Nasrun Gilalom.

Menurutnya, instruksi walikota yang ditujukan ke camat di wilayah setempat sudah diturunkan untuk ditindaklanjuti. “Nantinya pemerintah desa bersama BPD (Badan Permusyawaratan Desa) menindaklanjuti dengan melaksanakan tahapannya. Pelaksanaannya akhir tahun ini,” katanya.

Pilsang antar waktu di Desa Poyowa Kecil dilaksanakan untuk mengisi kekosongan jabatan sangadi definitif, sebagai pejabat sebelumnya meninggal dunia beberapa waktu lalu. Untuk mengisi kekosongan jabatan, Pemkot menunjuk Penjabat Sementara (Pjs). “Pejabat sebelumnya baru menjabat sekitar tiga tahun. Sehingga itu perlu ada sangadi definitif lagi melalui Pilsang antar waktu,” ujarnya.

Ditambahkannya, Pilsang antar waktu tersebut terbuka untuk semua masyarakat yang memenuhi syarat. Itu artinya, siapa saja bisa mendaftar sebagai calon sangadi. “Untuk PNS yang ikut Pilsang harus ada rekomendasi dari pimpinan dalam hal ini walikota,” tambahnya.

Pilsang antar waktu yang akan dilaksanakan di Desa Poyowa Kecil adalah yang kedua kali diselenggarakan di Kota Kotamobagu. Tahun sebelumnya, Desa Tabang juga menggelar Pilsang antar waktu untuk mengisi kekosongan jabatan sangadi definitif. Proses pelaksanaannya berbeda dengan Pilsang yang umum dilaksanakan. Sebab tak semua masyarakat di desa tersebut bisa memilih, tapi hanya perwakilan dari setiap unsur desa. (ads/gito)

Leave a Response