Pilsang Antar Waktu Desa Tabang, 42 Perwakilan Unsur Masyarakat Desa Pilih Sangadi Baru

ZONA KOTAMOBAGU – Pemilihan Sangadi (Pilsang) antar waktu di Desa Tabang, Kecamatan Kotamobagu Selatan, akan digelar Kamis (12/10). Berbagai persiapan terus dimatangkan. Panitia pelaksana tinggal menunggu hari H pemilihan.

“Untuk persiapan sudah 90 persen. Sisa 10 persen itu tinggal pada hari H. Pemilihan rencananya akan dimulai jam setengah delapan besok. Tempat pelaksanaan di balai desa. Insya allah prosesnya berjalan lancar,” kata Ketua Panitia Pilsang, Muhammad Fadly Mokoagow.

Gelaran Pilsang di Tabang kali ini berbeda dengan yang biasa dilakukan. Sebab tak semua masyarakat khususnya wajib pilih yang bisa memilih, melainkan hanya diwakili oleh 42 orang pemilih yang mewakili 14 unsur masyarakat desa yang terdiri dari BPD, aparat desa, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda, tokoh perempuan dan lainnya.

“Undangan ada 168 yang kita sebar, tapi tidak semua itu bisa memilih. Tapi hanya tiga orang yang mewakili setiap unsur. Siapa-siapa yang akan memilih baru akan diketahui besok melalui undian,” ujarnya.

Lanjutnya, jika perolehan suara kandidat ada yang berjumlah sama, maka panitia akan kembali melakukan pengundian kepada sisa pemilih yang belum berkesempatan memilih. “Setelah 42 orang yang memilih pertama tapi belum ada pemenangnya, maka akan diundi lagi sisanya itu kemudian dilakukan pemilihan sampai ada pemenangnya,” ujarnya.

Ditambahkannya, situasi keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di Desa Tabang hingga saat ini masih terus terjaga. Namun untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, panitia pelaksana melibatkan pihak TNI, Polri, Satpol PP dan Linmas. “Kita juga mengundang dari Pemkot. Rencananya juga ibu walikota akan hadir memantau langsung,” tambahnya. (ads/gito)

You might also like

Satpol PP Giat Tertibkan Pedagang Pasar 23 Maret

ZONA KOTAMOBAGU – Meski sudah sering ditertibkan, pedagang yang berjualan di badan jalan Pasar 23 Maret Kotamobagu masih saja membandel. Hampir setiap hari, Satpol PP harus membubarkan para pedagang itu.

2017, Jumlah Petugas Agama dan Guru Ngaji Ditambah

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu akan menambah jumlah petugas agama dan guru mengaji di tahun 2017 mendatang. Penambahan petugas itu efektif bekerja pada 1 Januari 2017. Dengan ditambahnya

Pencairan ADD di Kotamobagu Capai 40 Persen

ZONA KOTAMOBAGU – Pencairan alokasi dana desa (ADD) di Kota Kotamobagu saat ini mencapai sekitar 40 persen sesuai tahapan. Begitu dikatakan Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD),

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply