Pilsang Serentak Akan Ditunda Usai Pilkada Boltim

0
416
Pilsang Serentak Akan Ditunda Usai Pilkada Boltim Boltim
Kepala BPMPD Boltim, Rusdi Gumalangit

ZONA BOLTIM РPelaksanaan Pemilihan Sangadi (Pilsang) yang di rencanakan secara serentak oleh pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) pada awal tahun depan ditunda karena adanya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Hal ini dikatakan. Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Boltim, Rusdi Gumalangit saat diwawancarai zonabmr.com. “Kemungkinan pelaksanaan pilsang serentak yang rencananya pada Januari mendatang akan ditunda hingga akhir tahun, Sebagaimana surat edaran Mendagri, bagi kabupaten/kota yang melakukan Pilkada maka pemilihan kepala desa dilakukan sesudah pilkada,” kata Rusdi.

Lanjut Rusdi, pihaknya sudah mengedarkan pemberitahuan kepada semua Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) untuk menunda pembentukan panitia Pilsang. “Kalau sudah ada yang membentuk panitia, tak masalah, tapi tahapannya belum bisa jalan,” ujarnya

Pelaksanaan Pilsang tetap akan melaksanakan serentak ditahun yang sama, “Kalau serentak akan menghemat biaya dan dari segi keamanan lebih baik. Bisa dilaksanakan serentak dalam satu hari, atau bisa serentak per kecamatan,” ungkapnya

Dari 80 desa di Boltim, ada 62 desa yang akan melaksanakan pilsang di akhir tahun depan. “Ini sudah dibahas untuk menyediakan dana dari APBD untuk pilsang, namun masih harus mencari dasar hukumnya,” tutup Rusdi.

Peliput: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here