Pj Bupati Hadiri HUT ke-50 Desa Pinogaluman

0
285

Pj Bupati Hadiri HUT ke-50 Desa Pinogaluman Bolmong

ZONA BOLMONG – Penjabat (Pj) Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Adrianus Nixon Watung mengahadiri acara syukur perayaan HUT ke-50 Desa Pinogaluman, Sabtu (03/09). Pada kesempatan itu, Nixon juga menandatangani prasasti sekaligus meresmikan gedung konsistori dan kantor Jemaat Sion Pinogaluman dan menyerahkan hadiah kepada para juara dalam lomba.

Dalam sambutannya, Nixon mengucapkan selamat ulang tahun ke-50 untuk Desa Pinogaluman dan berharap agar kiranya dengan usia emas ini akan semakin memacu semangat berkarya segenap jajaran pemerintah dalam menjadi komponen pembangunan di Bolmong.

“Karena dalam Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa telah dijelaskan bahwa setiap desa diberikan keleluasaan dalam mengatur kewenangannya sendiri. Untuk itu pembangunan desa diharapkan akan dapat lebih partisipatif dan akomodatif dalam pencapaian kemandirian dan kesejahteraan masyarakat, agar ke depannya bisa menjadi desa yang mandiri yaitu desa yang telah dapat berdiri sendiri tanpa tergantung dari pihak lain,” kata Nixon membacakan sambutan Gubernur Sulut Olly Dondokambey.

Nixon menambahkan, untuk mencapai itu semua masyarakat desa harus memiliki kesatuan langkah dan keteguhan komitmen dari segenap komponen serta seluruh lapisan masyarakat. Di samping itu selaku pemerintah kabupaten, agar masyarakat tidak hanya memaknai momentum ini hanya sebatas seremonial semata atau rutinitas tahunan tanpa makna, akan tetapi juga disertai upaya penyatuan langkah dan pemantapan komitmen.

“Sehingga ke depan mampu bisa konsisten dengan tekad serta solidaritas dalam melanjutkan kegiatan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam desa yang singkron dengan program dari pemerintah daerah.”

Nixon mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat desa yang berada di Kecamatan Lolak umumnya dan Desa Pinogaluman khususnya, agar senantiasa menjalin kemitraan yang bersinergis dengan pemerintah desa maupun antarsesama masyarakat.

“Karena dinamika kehidupan masyarakat yang harmonis rukun dan damai akan menjadi kontribusi yang positif dalam menjadikan desa semakin baik, semakin maju dan semakin berkembang,” kata Nixon sembari menyampaikan terima kasih untuk seluruh panitia dan masyarakat yang turut membantu pelaksanaan perayaan syukur HUT Desa Pinogaluman.

Turut hadir dalam acara tersebut asisten Administrasi Pemerintahan Christofel Titov Kamasaan, jajaran pimpinan SKPD, Forkopimcam, kepala desa, LSM, dan seluruh masyarakat desa.(irgi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here