Pj Gubernur Sulut Dianugerahi Gelar Adat Punu Molantud

0
198

Pj Gubernur Sulut Dianugerahi Gelar Adat Punu Molantud Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Dr Sumarsono MDM, secara resmi dianugerahi gelar adat “Punu Molantud’ bersamaan setelah kunjungan rapat kerjanya di Kota Kotamobagu, Sabtu (21/11). Penganugerahan gelar adat tertinggi masyarakat Bolaang Mongondow Raya (BMR) tersebut, dilaksanakan Aliansi Masyarakat BMR (Amabom) di gedung Siti Baroka Kotamobagu.

Menurut Gubernur Sumarsono, gelar upacara adat ini mengandung nilai-nilai motivasi dan semangat untuk memberikan yang terbaik bagi pembangunan daerah, “Bagi saya nilai-nilai inilah yang senantiasa memotivasi dan menyemakati masyarakat BMR dimanapun berada dalam mengarungi dinamika hidup sebagaimana terekspresikan pada upacara sakral yang sarat dengan nuansa religius dan kultural ini,” urai Sumarsono.

Lanjutnya, dalam mempersiapkan BMR sebagai calon DOB di Sulut, khususnya untuk menghadirkan perubahan dalam tatanan ekonomi masyarakat BMR termasuk aliansi masyarakat adat bolmong untuk dapat memberi warna dalam pembangunan melalui kontribusi nyata yang disumbangkan bagi daerah ini.

“Secara ekonomi, kita tidak boleh hanya tergantung dari daerah luar, tapi BMR harus dibangun dengan kemandirian melalui ornamen-ornamen budaya. Karena budaya adalah benteng suatu bangsa. Tanpa budaya negara akan runtuh,” ujarnya.

Ia percaya, tambah Sumarsono, budaya BMR mampu mendukung terbentuknya calon DOB ini. Saya berharap mulai hari ini, nilai saya naik dari 7 menjadi 9 dan akan menjadi bagianĀ  penting dari Tim yg memperjuangan Provinsi BMR.

“Dan sebelum saya meninggalkan Sulut pada Juni 2016 mendatang, keputusan BMR menjadi DOB sudah tuntas sehingga saya meninggalkam tinta emas bagi daerah bumi Totabuan,” pungkas Sumarsono.

Turut hadir para pejabat teras di antaranya, Sekprov Ir Siswa R. Mokodongan, Wali Kota Kotamobagu Ir. tatong Bara, Wakil Wali Kota, Drs Jainuddin Damopolii, Bupati Bolmut Depri Pontoh, Pj Bupati Boltim Rudi Mokoginta, Sekda Bolmong Ashari Sugeha, Wakil Bupati Bolsel Samir Badu M.Pd.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here