Pleno KPU Boltim, Kecamatan Modayag Miliki DPS Terbanyak

0
459
Pleno KPU Boltim, Kecamatan Modayag Miliki DPS Terbanyak Boltim
Abdul Kader Bachmid

ZONA BOLTIM – Modayag masuk urutan pertama sebagai kecamatan yang memiliki daftar pemilih sementara (DPS) terbanyak dari lima (5) Kecamatan di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim). Berdasarkan yang telah diplenokan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Boltim, tercatat ada 15.419 orang masuk DPS tahun 2015 di kecamatan tersebut.

Ketua Divisi Program Data dan Informasi Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Boltim, Abdul Kader Bachmid mengatakan, untuk urutan ke dua setelah Kecamatan Modayag yakni, Kecamatan Nuangan dengan jumlah DPS sebanyak 10.783 orang disusul Kecamatan Tutuyan sebanyak 9.341 orang.

“Nah, untuk Kecamatan Kotabunan itu tercatat ada 9.089 orang dan untuk Kecamatan Modayag Barat merupakan Kecamatan urutan kelima dengan jumlah DPS sebanyak 8.086 pemilih. sehingga, total DPS ke 5 Kecamatan Boltim itu sebanyak 52.718 orang/pemilih,” urai Bachmid, Kamis (03/9).

Rapat pleno penetapan DPS yang dipimpin Ketua KPUD Boltim Awaluddin Umbola, kata Bachmid, selain disaksikan para komisioner KPUD juga dihadiri komisioner Panwas Kabupaten Boltim, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan perwakilan para tiga kandidat pasangan calon (Paslon) Bupati dan Calom wakil Bupati Boltim. “Dari 52.718 DPS itu terdiri atas 27.588 pemilih laki-laki dan 25.130 orang pemilih perempuan” ujar Bachmid.

Usai dilakukan pleno, tambah Bachmid, operator PPK dan KPU kemudian langsung melakukan penginputan data ke Sistem Data Pemilih (Sidali), sehingga data yang diplenokan benar-benar resmi hasil pleno.  “Memang, penurunan jumlah pemilih dari Daftar Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang dimuat dalam portal sebanyak 59.186 orang. setelah disinkronisasi ditemukan juga ada nama yang masih masuk dalam Tempat Pemilihan Suara (TPS) nol sehingga DP4-nya turun menjadi 56.703 orang,” paparnya.

Lanjut diuraikannya, adapun untuk DPS tersebut tidak beda jauh dari jumlah DPT Pilpres pada Tahun 2014 lalu sebanyak 52.290. Data tersebut dimungkinkan kedepannya masih akan bertambah ataupun berkurang. Selanjutnya DPS itu akan ditetapkan dalam rakor di Provinsi. “Nanti kita akan memperbanyak data untuk diumumkan di 80 desa di Boltim, pada tanggal 10-19 September ini,” ungkapnya.

Bachmid lanjut mengungkapkan, pihaknya berharap kerjasama masyarakat dalam mengecek nama dalam daftar tersebut saat diumumkan nanti di tingkatan Desa. “Dan kami siap menerima masukkan dari masyarakat, Panwas, dan tim pemenangan paslon, jika ada nama yang belum masuk DPS,” akunya.

Reporter: Rahman Igirisa

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here