PN Kotamobagu Miliki Sistem Informasi Perkara Berbasis Online

0
441
PN Kotamobagu Miliki Sistem Informasi Perkara Berbasis Online Hukum
Ketua PN Kotamobagu, Aris Bawono Langgeng, SH. MH

ZONA HUKRIM – Ketua Pengadilan Negeri (PN) Kotamobagu, Aris Bawono Langgeng SH MH mengatakan, sejak Januari 2014 Mahkamah Agung (MA) RI dengan program penguatan akses terhadap pengadilan telah meluncurkan Case Tracking System (CTS) atau Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) yang merupakan aplikasi berbasis online untuk memudahkan masyarakat memperoleh informasi terkait perkaranya di pengadilan.

Dengan adanya CTS tersebut kata Langgeng, tak hanya bertujuan memudahkan para pencari keadilan, namun sejalan dengan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, SK KMA Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan dan SK KMA Nomor 026/KMA/SK/II/2012 tentang Standar Pelayanan Peradilan.

Lanjut Langgeng, untuk PN Kotamobagu sendiri, CTS-nya sudah bisa diakses, khususnya bagi masyarakat yang ada di Bolaang Mongondow Raya (BMR). “Untuk CTS milik PN Kotamobagu, bisa di akses dengan alamat cts.pnktg.info,” kata Langgeng saat diwawancarai zonabmr.com di PN Kotamobagu, Selasa (06/5) sore tadi.

Lebih lanjut Langgeng berharap, semoga dengan adanya CTS tersebut, dapat bermanfaat bagi para pencari keadilan dan masyarakat luas untuk mendapatkan informasi tentang perkara atau putusannya di PN Kotamobagu. “Semoga bermanfaat dan keadilan selalu menyertai kita,” tutup Langgeng.

Peliput: Zulkifli Linggotu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here