PNS Ikut Pilkades Diingatkan Harus Cuti Terlebih Dahulu

0
225

PNS Ikut Pilkades Diingatkan Harus Cuti Terlebih Dahulu Bolmong

ZONA BOLMONG – Ajang pemilihan kepala desa (Pilakdes) serentak di Bolaang Mongondow (Bolmong) menarik minat sejumlah kalangan untuk menjadi kontestan. Tak terkecuali yang menjabat sekretaris desa (Sekdes) berstatus pegawai negeri sipil (PNS).

Hal itu pun mendapat perhatian Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Desa (Pemdes) Pemkab Bolmong, Mourine Vivie Rottie. Kata dia, bagi calon yang berstatus PNS diingatkan agar mengikuti persyaratan termasuk mengurus izin cuti.

“Dalam peraturan bupati (Perbup) telah diatur jika seorang PNS yang ingin mencalonkan diri maju pada Pilkades harus mengajukan cuti terlebih dahulu,” kata Vivie.

Ia menjelaskan, pihaknya terus mengupayakan setiap tahapan Pilakdes serentak berjalan baik sesuai harapan warga. Selain itu, independensi aparat desa saat pelaksanaan Pilkades serentak Desember mendatang harus tetap dijaga.

“Aparat desa adalah perpanjangan tangan Pemkab di desa. Aparat desa harus mensukseskan Pilkades serentak, tidak boleh memihak kepada calon tertentu sebab itu dapat mencederai demokrasi di tingkatan desa,” ujarnya.

Jika terbukti, pihaknya tidak segan-segan menjatuhkan sanksi tegas kepada oknum aparat desa bersangkutan yang telah menggunakan jabatannya untuk berpolitik praktis.

Asisten Administrasi Pemkab Bolmong, Chris Kamasaan, menegaskan kepada para camat agar mengingatkan jika ada oknum Sekdes PNS yang maju sebagai calon di Pilkades agar mengajukan cuti.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here