Pohon Tua Mudah Tumbang, Warga Diminta Hati-hati

0
240

Pohon Tua Mudah Tumbang, Warga Diminta Hati-hati Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Bagi pengguna kendaraan bermotor diimbau untuk waspada jika melintasi wilayah atau jalan rawan pohon tumbang. Terbaru, di Kelurahan Matali, Kecamatan Kotamobagu Timur, pohon pinggiran jalan tumbang menutupi badan jalan. Meski tidak ada korban, namun kondisi tersebut cukup membahayakan para pengendara.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kotamobagu, Alex Saranaung, diprediksi tumbangnya pohon akibat sudah berumur tua dan diterpa musim penghujan, “Cuaca sulit diprediksi. Kami juga gak bisa asal menebang pohon, yang rimbun di kanan dan kiri jalan. Pohon yang tumbang ini karena sudah tua,” katanya..

Dikatakan, pohon yang ada di ruas jalan Kota Kotamobagu menjadi nilai estetika untuk wilayah ini. Sehingga, tidak sembarang untuk menebang pohon. Kebanyakan pohon yang tumbuh di kiri-kanan jalan adalah pohon Trumbesi yang usianya cukup tua..

“Kami hanya bisa merawat setiap pohon, mana pohon yang memang membahayakan dan berpotensi tumbang mana yang masih bisa dipertahankan,” akunya.

Ia menambahkan, untuk pengganti pohon yang sudah tumbang, Dinas Lingkungan Hidup sudah menyediakan bibit Sirsak. Sebab, Sirsak memeliki beberapa keuntungan, selain  untuk dikonsumsi oleh warga, daunnya bisa dijadikan obat.

“Dihimbau bagi warga untuk berhati-hati dan selalu waspada jika, berteduh saat hujan,” katanya.

Ditambahkan Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Imran Amon, bahwa pihaknya telah mengusulkan untuk mengganti dengan pohon jenis Mahoni. Mahoni juga dinilai sangat tepat bila dijadikan sebagai tanaman pelindung, sebab pohon ini memiliki batang yang besar dan cukup tinggi serta memiliki daun yang rimbun.

“Manfaat lainnya dari pohon kayu Mahoni, juga bisa mengurangi polusi udara sekitar 47%-69% sehingga layak disebut pohon pelindung sekaligus filter udara dan daerah tangkapan air. Sedangkan daunnya, memiliki fungsi sebagai penyerap polutan-polutan di sekitarnya,” ungkapnya menambahkan.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here