Polres Pastikan Segera Gelar Perkara Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Tanoyan

0
412
Polres Pastikan Segera Gelar Perkara Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Tanoyan Hukum
Kapolres Bolmong AKBP Wiliam A Simanjuntak SIK

ZONA HUKRIM – Kapolres Bolmong AKBP Wiliam Simanjuntak SIK kembali memastikan dalam waktu tak lama lagi, pihaknya akan melaksanakan gelar perkara kasus dugaan korupsi dan penyalahgunaan dana pembangunan pasar tradisional Desa Tanoyan Selatan.

“Secepatnya, penyidik sedang siapkan bahan gelarnya,” tegas William melalui pesan singkat saat dihubungi zonabmr.com. Selasa (28/04).

Sekadar diketahui, kasus korupsi dana pembangunan pasar senilai Rp900 juta melalui Koperasi Unit Desa (KUD) Perintis tersebut, telah berproses di Mapolres Bolmong sejak April 2014 lalu.

Anggaran pembangunan pasar tradisional tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) di Kementerian Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Selama proses pengerjaan, pihak pelaksana tak pernah melaporkan ke Dinas Koperasi UKM Kabupaten Bolmong soal penggunaan anggaran. Selain itu, draft Rencana Anggaran Biaya (RAB) juga tak pernah diperlihatkan.

Beberapa kejanggalan dalam pembangunan pasar tersebut diantaranya, tidak adanya rancangan anggaran biaya yang jelas, tidak pernah melakukan koordinasi dan pelaporan tentang pelaksanaan kegiatan ke Dinas Koperasi UKM Bolmong.

Tak hanya itu, pembangunan pasara tersebut terindikasi tak mengacu ke petunjuk tekhnis (juknis) tentang Program Bantuan Sosial Pengembangan Sarana dan Prasarana Jaringan Usaha melalui Koperasi, sebagaimana diatur dalam Peraturan Deputi Menteri Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM RI nomor 05/PER/Dep.4/I/2013.

Dinas Koperasi juga telah menawarkan Tim Teknis untuk membantu pembangunan pasar tersebut. Tim Teknis itu pun melibatkan Dinas Pekerjaan Umum namun penawaran tersebut ditolak oleh pihak KUD Perintis.

“Saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat Tanoyan bersatu agar bersama-sama mengawasi keberadaan pasar tersebut dan mendorong penuntasan proses hukum yang sedang ditangani Polres Bolmong,” tegas Abdul Nasis Ganggai, tokoh pemuda Tanoyan Selatan.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here