Potensi Longsor, Ratusan Warga Poyuyanan Diungsikan

0
483
Potensi Longsor, Ratusan Warga Poyuyanan Diungsikan Bolmong Headline
Tampak longsor di Desa Poyuyanan

ZONA BOLMONG  – Ratusan warga Desa Poyuyanan, Kecamatan Passi Barat, Bolmong, diungsikan ke tempat aman karena terjadi pergerakan tanah yang berpotensi terjadinya longsor.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan Bencana BPBD Suhendra Hamin, menuturkan, selang satu jam melakukan pemantauan, pihaknya melihat terjadi pergeseran tanah sepanjang 1 sampai 7 centi meter (cm). “Pantauan itu kami lakukan pada pukul 18.00 Wita,” kata Suhendra, Minggu (11/1).

Mengantisipasi hal yang tak diinginkan, lanjut Suhendra, pihaknya saat itu juga mengambil tindakan mengungsikan 135 warga dari 25 rumah di wilayah rawan longsor tersebut. “Kami telah membuat tenda darurat untuk menampung 34 kepala keluarga itu,” ujar Suhendra.

Dia menambahkan, warga tersebut dievakuasi dan diinapkan di tenda darurat yang dibangun di lapangan olahraga desa. Satu tenda bisa menampung 60 orang. “Kami juga akan menambah satu tenda dengan ukuran yang sama. Warga yang lain memilih tinggal di rumah kerabat,” jelasnya.

Kepala BPBD Channy Wayong, menjelaskan, penyebab pergeseran tanah tersebut diduga curah hujan tinggi yang menguyur belakangan terakhir. Delapan rumah sudah mengalami keretakan. Potensi longsor sangat besar. Selanjutnya, selain fokus memantau lokasi potensi longsor, pihaknya juga terus melakukan evakuasi warga secara maraton. “Kami telah membuat dapur umum untuk kebutuhan konsumsi warga,” kata Channy.

Kapolsek Passi AKP Saiful Tammu, mengatakan, pihaknya juga sudah berada di lokasi guna membantu pemerintah melakukan evakuasi kepada warga. “Kami turun secara maksimal, dengan menurunkan 32 personil dari Polsek Passi,” kata Saiful.

Ia juga mengimbau kepada warga agar senantiasa waspada, mengingat potensi longsor di wilayah itu  sangat besar.”Keselamatan warga paling diutamakan,” ujar Saiful.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here