Potensi Menjanjikan, Kelurahan Upai Jadi Sentra Produksi Kakao

0
240
Potensi Menjanjikan, Kelurahan Upai Jadi Sentra Produksi Kakao Kotamobagu
Petani Kakao Kelurahan Upai memanen hasil tanamannya.

ZONA KOTAMOBAGU – Potensi perkebunan dan pertanian di Kelurahan Upai, Kecamatan Kotamobagu Utara, sangat menjanjikan. Ditunjang dengan tanah yang subur, lahan pertanian dan perkebunan seluas 500 hektare dimanfaatkan warga setempat untuk budidaya dan pengembangan beragam jenis tanaman, seperti holtikultura, buah-buahan dan lainnya.

Lurah Upai, Ridwan Mokoagow, mengatakan tak sedikit petani setempat yang mengandalkan Kakao sebagai tanaman unggulan. Namun ada juga katanya yang menanam jagung, cabe dan tanaman lainnya. “Sekarang ini perkebunan Upai menjadi salah satu sentra produksi tanaman Kakao. Jika dihitung hasil produksi setiap kali panen bisa sampai satu hingga dua ton,” katanya.

Ia mengakui, saat petani setempat dimudahkan dengan pembangunan akses jalan perkebunan yang memadai. Hal itu katanya sangat memudahkan petani saat pergi atau pulang dengan membawa hasil panen. “Jalan kebun sudah bagus dan bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat,” ungkapnya.

Ilham Laoh, salah satu petani Kelurahan Upai, mengaku pembangunan pembukaan akses jalan perkebunan sangat membantu dirinya dan petani lainnya. Namun yang dibutuhkan petani saat ini katanya ada penataan tanaman, pemeliharaan dan pemilihan jenis tanaman yang cocok dengan struktur tanah dan iklim yang ada. “Perlu ada pendampingan secara rutin kepada para petani, agar bisa meningkatkan hasl produksi,” ujarnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here