Presiden Diagendakan Berkunjung ke Kotamobagu

0
293

Presiden Diagendakan Berkunjung ke Kotamobagu Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Presiden Joko Widodo direncanakan akan hadir di Kota Kotamobagu dengan agenda penyerahan secara langsung sertifikat Program Nasional (Prona) Pendataan Tanah Sistematis Langsung (PTSL). Hal ini diutarakan Walikota Tatong Bara, saat menghadiri launching alat pengukuran tanah pada program PTSL Tahun 2017 di Lapangan Desa Kopandakan I, Kecamatan Kotamobagu Selatan, Selasa (3/10).

Menurutnya, orang nomor 1 di Indonesia itu akan datang ke Kotamobagu dengan syarat 5.000 tanah warga telah bersertifikat melalui Prona PTSL.

“Kemarin Kakanwil BPN telah sampaikan kalau 5.000 bidang tanah yang bisa diukur dan disertifikat oleh pemerintah bersama BPN, maka pak presiden akan datang menyerahkan langsung ke masyarakat,” ujarnya.

Tatong menjelaskan, Pemkot menargetkan 10.000 bidang tanah bersertifikat lewat progam tersebut. Saat ini proses pendataan sedang berlangsung dan dilanjutkan dengan pengukuran.

“Sekarang ini sudah ada 8.000 berkas yang masuk dan sudah ada sekitar 4.000 yang diukur. Saya optimis target itu bisa dicapat apalagi proses pengukurannya sudah menggunakan drone,” jelasnya.

Disisi lain, ia mengapresiasi pihak BPN yang hingga saat ini terus bersama pemerintah desa dan kelurahan dalam proses penerbitan sertifkat tanah. “Kalau di Sulut, Kotamobagu progresnya sangat baik. Selain karena pak presiden akan datang itu soal prestasi, tapi kepentingan pengukuran PTSL ini adalah masyarakat. Pemerintah memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah,” sebutnya.

Kepala BPN Kotamobagu, Deany Kientjem, mengungkapkan pengukuran tanah pada program PTSL di Kotamobagu akan menggunakan pesawat tanpa awal UAV sky mapper aeril maping service. Hal itu katanya akan sangat membantu mempercepat proses pengukuran. “Di Sulut hanya dua daerah yang menggunakan alat ini, yaitu di Kota Tomohon dengan 12 ribu bidang PTSL dan Kota Kotamobagu 10 bidang,” ujarnya. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here