Produk UMKM jadi Oleh-oleh Khas Kotamobagu

0
147
Produk UMKM jadi Oleh-oleh Khas Kotamobagu Kotamobagu
Tempat penjualan Oleh-oleh Khas Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU – Sejumlah produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), seperti Kacang Goyang, Kopi, Selai Nenas dan Gula Merah menjadi oleh-oleh khas Kota Kotamobagu. Masyarakat khususnya yang berasal dari luar daerah, dan mencari hendak mencari oleh-oleh untuk dibawa ke daerah asal, telah tersedia aneka menu oleh-oleh khas Kota Kotamobagu yang disiapkan di UD Totabuan yang berlokasi di Kelurahan Motoboi Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan.

Rian Kiay, karyawan UD Totabuan, menuturkan setiap hari selalu ada yang datang membeli, baik warga Kota Kotamobagu maupun dari luar daerah. Produk yang paling banyak dicari adalah Kacang Goyang, Kopi dan Selai Nenas. “Kemarin ada yang datang dari Jepang. Mungkin orang itu wisatawan yang datang bersama temannya orang Indonesia. Dia beli Kacang Goyang,” tuturnya.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop dan UKM), Herman Aray, mendorong pelaku UMKM untuk terus meningkatkan kualitas produk usahanya masing-masing, baik dari segi rasa maupun kemasan. “Banyak produk UMKM kita, dan itu banyak peminatnya. Tinggal bagaiman pelaku usaha itu mengelolahnya. Jika rasa enak dan kemasannya baik, maka sudah tentu akan dicari,” ujarnya.

Ditambahkannya, Kota Kotamobagu sebagai kota jasa dan perdagangan di kawasan Bolaang Mongondow Raya membuat banyak warga yang dari luar daerah datang berkunjung. Peluang itu katanya harus dimanfaatkan oleh pelaku UMKM. “Kita jangan kalah bersaing dengan daerah lain. Peluang terbuka lebar, tinggal bagaimana kita memanfaatkannya,” tambahnya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here