Produksi Kopi Mojago, Santi Raup Omset 20 Juta per Bulan

0
47
Produksi Kopi Mojago, Santi Raup Omset 20 Juta per Bulan Ekonomi Kotamobagu
Santi Mokoagow Pemilik Kopi Mojago.

ZONA KOTAMOBAGU – Bila anda datang di Kotamobagu, anda patut mencoba menikmati kopi lokal khas Kotamobagu sebab Kotamobagu juga terkenal sebagai salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Provinsi Sulawesi Utara.

Salah satu produk Kopi Kotamobagu yang nikmat ada di Desa Bilalang Kecamatan Kotamobagu Utara yakni Kopi Mojago yang diolah langsung dari pabriknya sendirinya.

Menurut, Santi Mokoagow Pemilik Kopi Mojago, awal mula usaha Kopi Mojago dibentuk secara spontan. “Awalnya saya hanya sering diminta oleh-oleh Kopi oleh teman-teman diluar daerah atau saat ke Manado, bahkan saat teman-teman berkunjung sering kita buatkan kopi dan mereka merasa cocok lalu kita kepikiran kenapa tidak buka usaha Kopi saja sekaligus membuat kedai kopi,” ujarnya.

Kemudian pada tahun 2016, dirinya mencoba produksi perdana didukung saudara dan teman-teman. “Karena harga kopi mentah saat itu tidak stabil, sehingga mereka mengatakan kenapa tidak membeli langsung dari petani disini, dengan harga yang stabil, sesuai kesepakatan,” jelasnya

Akhirnya dirinya resmi merintis usaha Kopi Mojago, dengan memasarkan kepada teman-teman diluar kota. “Alhamdulillah saat pertama berjualan hingga saat ini, Kopi Mojago penjualannya sangat cukup baik,” ungkapnya.

Ia menerangkan, saat ini kopi Mojago telah dipasarkan di ritel dan rumah kopi se Provinsi Sulawesi Utara dan Gorontalo dan omset penjualan Kopi Mojago bekisar Rp20 juta perbulannya, dengan produksi mencapai 150 kilo hingga 200 kilo setiap bulan. “Untuk harga kopi Mojago dipasarkan untuk ukuran 65 gram berkisar Rp 10 ribu dan 250 gram Rp 35 ribu,” jelasnya. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here