Program Kotaku, Bupati Bolmut Letakkan Batu Pertama Pembangunan Drainase dan Jalan Paving Block

0
56

Program Kotaku, Bupati Bolmut Letakkan Batu Pertama Pembangunan Drainase dan Jalan Paving Block Bolmut Headline  ZONA BOLMUT — Bupati Drs Hi Depri Pontoh meletakkan batu pertama kegiatan program Padat Karya Kotaku di Desa Bolangitang II, Kecamatan Bolangitang Barat, Kamis (13/8).

Dalam sambutannya, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Provinsi Sulawesi Utara yang diwakili Pejabat Pembuat komitmen (PPK) Pembangunan Kawasan Pemukiman, Ognerius Tindoilus ST, menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah, Kecamatan, desa serta masyarakat yang telah menyambut baik kegiatan tersebut.

Sementara itu, Bupati Drs Hi Depri Pontoh menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementrian PUPR yang telah memberikan program tersebut. “Program ini adalah yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Bolmut. Kami pemerintah daerah sangat mengharapkan program seperti ini akan terus berkelanjutan,” katanya.

Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) tersebut merupakan salah satu dari sejumlah upaya Kementrian PUPR dalam mempercepat penanganan pemukiman kumuh.
“Tujuan umum program ini adalah meningkatkan akses terhadap infrastruktur dan pelayanan dasar, untuk mendukung perwujudan pemukiman yang layak huni, produktif dan berkelanjutan,” ujarnya.

Desa Bolangitang II ditetapkan sebagai pusat pelaksanaan program Kotaku setelag terlebih dahulu melalui tahapan sirvey dari tim fasilitator serta hasil rembuk dan kesepakatan dari Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM). Adapun kegiatan pembangunan yang dilaksanakan adalah; pembangunan drainase sepanjang 1.607 meter dan jalan paving block sepanjang 794 merer. Anggarannya Rp1.088.954.000.

Tujuan umum dari program tersebut adalah; Memberbaiki Akses Masyarakat Terhadap Infrastruktur Dan Fasilitasi Pelayanan di Permukiman Kumuh Perkotaan, serta Meningkatkan Kesejateraan Masyarakat Di Perkotaan Melalui Pencegahan Dan Peningkatan Kwalitas Permukiman Kumuh Berbasis Masyarkat dan Partisipasi Pemerintah Daerah.

Hadir dalam peletakkan batu pertama itu, Wakil Bupati Drs Hi. Amin Lasena MAP, Sekda DR Drs Hi Asripan Nani MSi, Pejabat Pembuat komitmen (PPK) Pembangunan kawasan Pemukiman Ognerius Tindoilus ST dan jajaran, Kapala Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan DR Hidayat Panigoro M.Si, Camat Bolangitang barat, Sangadi, BPD serta masyarakat. (rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here