Proses Lelang Aset Pemkot, Tunggu Jadwal KPKNL

0
225

Proses Lelang Aset Pemkot, Tunggu Jadwal KPKNL Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Sejumlah aset milik Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu senilai Rp 5 miliar akan dilelang. Aset-aset tersebut Di antaranya perangkat computer, kursi, meja, lemari dan lainnya.

“Kalau nilainya sekarang itu ada di KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang). Sudah dilakukan penilaian, dan akan dilelang. Kalau perolehan atas seluruh asset itu ada sekitar lima miliar,” kata Kepala DPPKAD Kotamobagu melalui Kepala Bidang Aset Dinas Pengelolaan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah, Pra Sugiarto Yunus, saat dikonfirmasi zonabmr.com, Rabu (22/6) kemarin.

Proses pelelangan aset itu lanjutnya, tinggal menunggu jadwal dari KPKNL, karena hanya KPKNL yang memiliki lisensi untuk melakukan lelang, “Seperti aset milik perbankan yang disita misalnya, yang berhak untuk melakukan lelang adalah KPKNL. Nah, Pemkot masih menunggu jadwal dari KPKNL untuk melakukan lelang. Kita sudah mengusulkan lelang ini sejak lama,” ujar Sugiarto.

Jika proses lelang akan dilaksanakan KPKNL, lanjut Sugiarto, maka Pemkot juga akan meminta KPKNL untuk melakukan perhitungan atas nilai kendaraan roda empat, atau mobil dinas milik Pemkot, “Di saat lelang atas inventaris, kita juga akan meminta KPKNL untuk bisa melakukan penilaian atas nilai aset kendaraan dinas. Karena, kita targetkan di tahun ini seluruh aset sudah bisa dilelang,” ujarnya.

Pemerintah Kotamobagu melakukan lelang atas aset ini bukan tanpa alasan. Pemkot menginginkan agar supaya menghilangkan benalu atas raihan opini positif pengelolaan keuangan daerah, “Persoalan aset sangat mengganggu proses pengelolaan keuangan. Maka dari itu, kita terus memacu dan mencari solusi untuk mengurai persoalan aset ini ke depan,” jelasnya.

Reporter: Gito Mokoagow

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here