PT BDL Didemo, Warga Desak Operasional Perusahaan Ditutup

0
476
PT BDL Didemo, Warga Desak Operasional Perusahaan Ditutup Bolmong Headline
Suasana aksi di Pemkab Bolmong

ZONA BOLMONG – Puluhan warga yang berada di wilayah lingkar tambang PT Bumi Daya Lesatari (BDL) di Desa Mopait, Kecamatan Lolayan, menggelar aksi di depan Pemkab Bolmong, Rabu (25/2). Aksi itu menuntut agar segera menutup operasional perusahaan tambang tersebut.

Pendemo menilai, sudah sembilan tahun beroperasi namun perusahaan hanya merugikan masyarakat dan hanya menguntungkan sejumlah oknum pejabat Pemkab. Selanjutnya, para pendemo menyuarakan bahwa lokasi tambang bukanlah milik PT DBL melainkan milik Koperasi Unit Desa (KUD) Lancar Rezeki yang berkantor di Desa Abak, Kecamatan Lolayan.

“Kami meminta PT BDL segera angkat kaki dari lokasi tambang,” ujar Kordinator Aksi, Firdaus Mokodompit.

Selain itu, pendemo meminta agar Bupati Salihi Mokodongan, mencopot Kadis Pertambangan dan Kadis Kehutanan Bolmong, mereka dinilai yang paling bertanggung jawab atas keberadaan PT BDL.

“Kami meminta agar penegak hukum menindak pejabat yang terlibat dengan PT BDL, karena keberadaan perusahaan itu illegal,” kata Firdaus.

Assisten II Pemkab Bolmong, Djek Damopolii mengakui PT BDL sampai saat ini belum memiliki izin pengolahan dari Pemerintah. “Pemkab akan memanggil pihak perusahaan guna mempertanggungjawabkan kepada pemerintah dan masyarakat,” kata Djek.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here