Pukuli Warga Sangkub Hingga Tewas, Empat Terdakwa Divonis 14 Tahun Penjara

0
253

Pukuli Warga Sangkub Hingga Tewas, Empat Terdakwa Divonis 14 Tahun Penjara Hukum

ZONA HUKRIM – Setelah menjalani rentetan agenda persidangan, empat terkdakwa kasus pembunuhan sadis di Desa Sangkub yakni, Jamadil Bata (38), Gustin Paputungan (19), Sisdayu Bata (20) dan Reski Pontoh (21), akhirnya disidangkan dengan agenda putusan di Pengadilan Negeri Kotamobagu, Selasa (23/2). (Baca: Diduga Menyantet, Warga Sangkub Dipukuli Hingga Tewas)

Sidang yang dipimpin Ketua Majelis Hakim, Nova Loura Sasube, beranggotakan CH. R. Danes dan Friska Yustisari Maleke, menyatakan keempat terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana perencanaan pembunuhan, sebagaimana diatur dalam Pasal 340 KUHPidana, jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana. Atas itu, majelis hakim kemudian menjatuhkan vonis 14 tahun pidana penjara kepada masing-masing terdakwa.

Majelis hakim dalam pertimbangan putusannya, menilai hal yang memberatkan para terdakwa karena telah main hakim sendiri. Sementara hal meringankan, menurut majelis hakim para terdakwa mengakui perbuatannya, dan bersikap sopan dalam persidangan.

Vonis tersebut sama dengan tuntutan jaksa kepada terdakwa Jamadil Bata. Namun berbeda dengan tiga terdakwa lain yang sebelumnya oleh jaksa dituntut hanya 12 tahun pidana penjara. Meski demikian, atas putusan tersebut, baik jaksa maupun penasihat hukum para terdakwa mengaku menerima.

“Kami menerima putusan itu, karena sudah sesuai dengan perbuatan para terdakwa yang telah merencanakan pembunuhan ini,” singkat Ibrahim Podomi, S.H., kepada zonabmr.com ketika diwawancarai usai persidangan.

Reporter: Zulkifli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here