Puluhan Ayam Mati Mendadak, Virus Flu Burung Masuk Kompleks Kantor Walikota?

0
519

Puluhan Ayam Mati Mendadak, Virus Flu Burung Masuk Kompleks Kantor Walikota? Headline Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Terinformasi positif terkena virus H5N1 atau dikenal dengan virus Flu Burung, puluhan ayam ternak milik warga Kelurahan Sampana, Kecamatan Kotamobagu, yang berada tepat di belakang kantor Pemerintah Kota (pemkot) Kotamobagu, serentak mati mendadak.

Tunce Dolo, salah satu warga Sampana yang juga pemilik peternakan ayam di areal tersebut mengaku, kejadian ini sudah berlangsung sekitar dua hari terakhir. “Kemarin, dari Dinas Peternakan sudah ada yang datang memeriksa, dan hasilnya ayam-ayam tersebut menurut mereka positif flu burung,” ujarnya kepada zonabmr.com, Sabtu (14/06) pagi tadi.

Dikatakannya lagi, adanya ayam mati bermula dari kandang milik tetangganya. “Awalnya, dari rumah pak Adin Renyaan, tepat belakang kantor walikota kotamobagu dan menyebar. Petugas dari Peternakan juga telah menginstruksikan agar ayam-ayam tersebut dibakar semuanya. Bahkan sekitar 30-an ekor ayam milik saya sudah saya musnahkan, begitupun milik beberapa warga lain,” tuturnya.

Tunce pun menyesalkan tindakan dari peternak ayam lainnya yang sempat menjual ayam mereka ke Pasar. “Karena tak mau rugi, ada juga yang menjual ayam-ayam sakit milik mereka ke Pasar. Nah, makanya pihak Dinas Peternakan harus turun ke pasar dan memeriksa, jangan ada warga yang tidak tahu, lalu membeli ayam yang sudah terkena virus,” akunya.(fahmi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here