Puluhan Pelajar Segel SMKN 1 Lolayan

0
628
Puluhan Pelajar Segel SMKN 1 Lolayan Bolmong
Tampak para pelajar saat menyegel pintu sekolah

ZONA BOLMONG – Puluhan Siswa Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lolayan, melakukan aksi mogok belajar dengan menyegel sejumlah ruangan kelas menggunakan balok, Rabu (14/1). Aksi siwa tersebut dilakukan sebagai bentuk dukungan kepada Kepala Sekolak (Kasek) Zainal Gima agar tidak dicopot dari jabatanya dan tetap memimpin sekolah itu.

Kabar pergantian Zainal mengemuka ketika pekan lalu sejumlah guru mengeluarkan mosi tidak percaya kepada kepala sekolah itu. Zainal dituding memontong sejumlah anggaran di sekolah tersebut. Di antaranya bantuan siswa miskin (BSM) dan juga tidak membayar gaji para honorer.

“Kami tidak percaya apa yang dituduhkan para guru itu kepada Kepala Sekolah,” kata Indah, salah seorang siswi di sekolah itu.

Indah melanjutkan, yang turun dalam aksi hanya siswa kelas X dan XI. Sedangkan siswa kelas XII  takut ikut demo karena diduga mendapat ancaman. “Kami mendengar mereka diancam tidak akan diikutsertakan dalam ujian nasional (UN),” ujar Indah.

Dikonfirmasi, Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Olii Mokodongan, mengatakan, kisruh yang terjadi di sekolah itu telah diselesaikan. Kedua belah pihak yang pro kontra sudah dipertemukan. “Segel sejumlah ruangan telah dibuka kembali,” kata Olii.

Peliput: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here