Puluhan PNS di Boltim Berstatus Ilegal

0
301
Puluhan PNS di Boltim Berstatus Ilegal Boltim
Kepala BKDD Boltim Darwis Lasabuda

ZONA BOLTIM – Tercatat ada 35 dari 2‎048 PNS di Bolaang Mongondow Timur (Boltim) berstatus ilegal. Pasalnya, dalam batas terakhir pendataan ulang PNS (PUPNS) secara elektronik ‎untuk level 1 pada 30 November lalu, mereka belum memasukan data yang diminta Badan Kepegawain Negara (BKN).

“Saya belum sama sekali mengisi data untuk ke level I, karena sistem portal sering berkendala gangguan jaringan internet. Mungkin nanti portal online BKN dibuka beberapa hari ke depan ini baru kami daftarkan lagi. Itu sekaligus memeriksa huruf yang salah ketik untuk diubah,” beber salah satu PNS bertugas di salah satu Kantor Kecamatan di Boltim.

Menangapi itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Boltim Darwis Lasabuda mengungkapkan, tidak ada sangsi secara tegas PNS tidak memasukkan datanya. Namun statusnya  sebagai PNS ilegal.

“Mereka juga terancam tidak diproses kenaikan pangkat berkala termasuk proses pensiunnya,” ungkap Darwis.

Diketahui, formulir PUPNS tersebut terdiri dari permintaan pengisian data utama PNS, posisi dan riwayat. Selain itu, ada data untuk PNS guru (hanya diisi oleh PNS guru), PNS dokter (hanya diisi oleh PNS dokter), memuat Bapertarum dan BPJS Kesehatan serta Kartu Pegawai elektronik (KPE). Apabila data tersebut sudah akurat atau lengkap, PNS dapat langsung mengirim datanya ke link e-PUPNS untuk kemudian diverifikasi.(pasges)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here