Rakor Pengawasan Pemilu Partisipatif, Masyarakat Diajak Ikut Awasi Pemilu

0
37

Rakor Pengawasan Pemilu Partisipatif, Masyarakat Diajak Ikut Awasi Pemilu Bolmut Politik  ZONA BOLMUT – Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Kaidipang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) dalam rangka pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Partisipatif Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara 2020. Kegiatan itu dilaksanakan di kantor Camat Kaidipang, Selasa (15/10/20).

Kegiatan tersebut dibuka Ketua Panwaslu Kecamatan Kaidipang, Muin Wengkeng, didampingi anggota Panwaslu Awaludin Tanaiyo dan Meyer Mentang .
Camat Bolangitang Barat, Supriadi Goma, yang hadir sebagai pemateri dalam kegiatan itu menjelaskan sejarah singkat pemilu pertama di Indonesia serta memberi penjelasan tentang money politics dan politik identitas yang terjadi di Indonesia.

”Dampak politisasi identitas adalah konflik sosial (antar agama, suku dan etnis), tujuan pemilu tidak tercapai, disintegrasi bangsa, melemahnya pengaruh negara/pemerintah ditengah masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panwaslu Kecamatan Kaidipang Muin wengkeng, menegaskan kepada ASN dan perangkat desa dapat membantu dalam pengawasan Pilgub 2020 kali ini. “Dalam pengawasan pemilu, Panwaslu Kecamatan Kaidipang dapat membutuhkan dukungan dan partisipasi masyarakat karena masyarakatlah merupakan pemilik kedaulatan tertinggi di negara demokrasi. Pengawasan partisipatif sangat penting dilakukan terutama ditempat-tempat yang privat dan akses jauh dari pusat pengawasan. Pengawasan partisipasi masyarakat dalam pesta demokrasi menjadi tolak ukur kesuksesan Pemilu dalam melaksanakan proses tahapan pengawasan pada pemilihan Kepala Daerah di provinsi Sulut,” harap Muin.

“Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah analisis, kualitatif, deksriptif dengan Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pertama; ASN, Kepala Desa beserta Perangkat Desa, para tokoh masyarakat, tokoh agama dan para pemuda agar mengintruksikan kepada masyarakat agar ikut serta dalam pengawasan partisipatif,” sambungnya.
Diakhir kegiatan itu, dilakukan penandatangan deklarasi penolakan anti money politics. (rendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here