Rastra Dialihkan ke BPNT

0
195
Rastra Dialihkan ke BPNT Kotamobagu
Sarida Mokoginta

ZONA KOTAMOBAGU — 5.510 penerima beras sejahtera (rastra) tak lagi menerima beras dari pemerintah. Mulai Desember ini, yang diterima sudah dalam bentuk Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

Kepala Dinas Sosial (Dinsos), Sarida Mokoginta, mengatakan peralihan rastra ke BPNT adalah untuk memudahkan penerima dalam mendapatkan bantuan. “Dulu namanya raskin kemudian diubah jadi rastra. Sekarang beralih lagi menjadi BPNT. Kalau rastra yang diterima 10 kilo gram beras, kemudian diuangkan menjadi 110 ribu untuk BPNT,” katanya.

Diterangkannya, BPNT tersebut disalurkan melalui outlet e-warung yang tersebar di sejumlah desa dan kelurahan. “Di outlet-outlet itu tersedia bahan pokok yang dijual khusus kepada penerima manfaat. Jadi penerima bantuan sekarang tak hanya menerima beras saja, tapi bisa juga dengan kebutuhan lain,” terangnya.

Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Penyaluran Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan, Rudi Mokoagow, mengungkapkan ada 8 outlet yang disiapkan untuk menyalurkan bantuan pangan non tunai atau BPNT. Delapan outlet itu tersebar di beberapa desa dan kelurahan seperti Moyag, Gogagoman, Upai, Kobo Kecil, Matali dan lainnya. “Bahan pokok yang disiapkan di outlet ini hanya diperuntukkan bagi penerima bantuan,” ungkapnya.

Ditambahkannya, penyaluran bantuan non tunai itu sangat memudahkan penerima mendapatkan bantuan. “Masyrakat lebih mudah lagi dapat bantuan. Cukup hanya datang ke outlet saja,” tambahnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here