Ratusan IRT Ikut Pelatihan Manajemen Usaha

Ratusan IRT Ikut Pelatihan Manajemen Usaha Kotamobagu

Dinas PPPA memberi pelatihan manajemen usaha kepada ratusan IRT.

ZONA KOTAMOBAGU – Ratusan pelaku usaha perempuan diberi pelatihan manajemen usaha yang dilaksanakan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA), Senin (12/2) di Lembah Bening, Kelurahan Sinindian.

Kepala DPPPA, Sitti Rafiqah Bora, mengatakan pelatihan tersebut penting dilakukan guna mendorong para pelaku usaha agar lebih kreatif dalam mengelolah usahanya masing-masing. “Kegiatan ini kita khususkan untuk ibu rumah tangga. Mereka diberdayakan melalui pelatihan ini dan diberikan bantuan,” katanya.

Lanjutnya, pada pelatihan tersebut, pihaknya menghadirkan instruktur berpengalaman dan pernah menjadi juara di Dekranas tingkat nasional. “Mereka diberi pelatihan soal cara mendaur ulang bahan yang akan diproduksi untuk dipasarkan. Kemudian untuk bantuan yang diberikan sesuai dengan bidang masing-masing. Kalau kelompok pembuat kue dilatih cara membuat kue dan diberi bantuan peralatan pembuatan kue,” ungkapnya.

Sementara itu, Walikota Tatong Bara, mengatakan kaum perempuan perlu diberi kesempatan untuk memanfaatkan berbagai potensi. Hal itu untuk menumbuhkembangkan kemandirian serta kesetaraan di dalam berwirausaha.

“Melalui bimbingan manajemen usaha bagi perempuan dalam mengelola usaha, maka dapat mengentas kemiskinan dan dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” kata Tatong.

Ditambahkannya, usaha ekonomi produktif yang terus tumbuh, khususnya yang dikelola oleh kaum perempuan menandakan semakin besarnya inisiatif, kepedulian dan tanggung jawab masyarakat dalam memperbaiki derajat kehidupan.

“Karena itu dengan mengikuti bimbingan ini, pelaku usaha kecil dapat memiliki kemampuan berwawasan lebih dalam pengelolaan, sehingga hasilnya nanti dapat memberikan manfaat bagi daerah ini agar lebih maju dari daerah lain,” tambah Tatong. (ads/gito)

You might also like

Kotamobagu 0 Comments

Hotel Senator Terbakar

ZONA HUKRIM – Hotel Senator yang ada di Jalan Yusuf Hasiru, Kelurahan Kotobangon, Kecamatan Kotamobagu Timur, mengalami kebakaran, Selasa (21/4) sekitar pukul 11.30 Wita siang tadi. Untung saja mobil pemadan kebakaran

Kotamobagu 0 Comments

Fasilitasi Kebutuhan Anak-anak, Pemkot Siapkan PUSPAGA dan PISA

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) menyiapkan fasilitas penunjang untuk pemenuhan hak-hak anak. Pusat Pemberdayaan Keluarga (PUSPAGA) dan Pusat Informasi Sahabat Anak (PISA) di-launching Walikota Tatong Bara, Rabu (20/12). Keberdaan

Kotamobagu 0 Comments

Pemkot Minta Lolayan dan Passi Bergabung di Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Rencana Pemerintah Kota Kotamobagu (Pemkot) untuk menjadikan Desa Passi Bersatu dan Desa Lolayan masuk wilayah Kota Kotamobagu, belum juga menemukan kejelasan dari Pemkab Bolmong. Lantaran sampai dengan

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply