Ratusan Warga Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis

0
187
Ratusan Warga Dapat Pelayanan Kesehatan Gratis Kotamobagu
Pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan di Desa Bilalang II.

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) melakukan pemeriksaan kesehatan gratis di Desa Bilalang II, Kecamatan Kotamobagu Utara, Senin (5/2). Gelaran kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan kepada masyarakat.

Kepala Bidang Pelayanan Promosi dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan, Soemartini Soegihardjo, mengatakan antusias masyarakat untuk datang memeriksakan kesehatan sangat tinggi. Hal itu terlihat dari membludaknya masyarakat atau pasien yang datang ke tempat pelaksanaan kegiatan tersebut.

“Banyak pasien yang datang. Bahkan pelayanan sampai sore hari,” katanya.

Diterangkannya, pada kegiatan tersebut, ada 152 masyarakat yang terlayani untuk pemeriksaan mata. Dari jumlah itu, ada beberapa diantaranya yang langsung diberikan kaca mata gratis. Selain itu, ada juga 105 orang pasien umum yang dilayani pemeriksaan kesehatan yang meliputi gula, asam urat, kolestrol dan lainnya.

“Khusus mata, ada yang tidak mendapatkan kaca mata, tapi kita ditindaklanjuti dengan operasi katarak pada Hari Kamis (pekan ini) di kantor Dinkes. Di Hari Kamis itu ada juga sunatan massal dan pemeriksaan kesehatan lainnya seperti yang dilaksanakan tadi (kemarin, red) di Desa Bilalang II,” terangnya.

Kegiatan pemeriksaan kesehatan yang dihadiri Walikota Tatong Bara itu, mendapat apresiasi dari warga setempat. Menurut warga, apa yang dilakukan walikota dan jajarannya itu sangat membantu dan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan.

“Mudah-mudahan dengan pemeriksaan ini saya bisa sembuh. Rencananya Hari Kamis akan dioperasi katarak. Selama ini belum pernah memeriksa (katarak) karena terkendala dana. Berhubung ini gratis, jadi saya datang ke sini,” kata Harap Mamonto (60), warga Kelurahan Kobo Besar, Kecamatan Kotamobagu Timur.

Warga lainnya, Sutri Mokodongan (41), mengaku datang ke tempat tersebut untuk memeriksa kolestrol, gula dan asam urat.

“Kegiatan ini sangat bagus sekali. Sebagai warga Kota Kotamobagu kami merasa ada keringanan dalam memeriksakan kesehatan tanpa ada biaya. Kalaupun ada biaya itu hanya sewa bentor dari rumah ke sini,” ujar warga Kelurahan Genggulang itu. (ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here