Rekrutmen PPPK Akomodir Guru, Kesehatan dan Penyuluh Pertanian

0
117

Rekrutmen PPPK Akomodir Guru, Kesehatan dan Penyuluh Pertanian Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Teka-teki kapan perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), akhirnya terjawab. Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi dan Birokrasi (KemenPAN-RB) telah mengeluarkan surat edaran tentang pengadaan PPPK tahap I tahun 2019.

Dalam surat edaran nomor B/335/FP3K/M.SM.01.00/2019 yang diterima Pemerintah Kota (Pemkot) Kota Kotamobagu, terlampir jadwal pengadaan PPPK tahap I yang diawali dengan pengumuman penerimaan PPK hingga pengumuman hasil seleksi (selengkapnya lihat grafis). Dalam surat edaran itu juga, disebutkan bahwa kebutuhan mendesak yang menjadi prioritas pemerintah adalah untuk pemenuhan guru, tenaga kesehatan, dan penyuluh pertanian eks kategori II. Untuk sistem seleksi menggunakan CAT UNBK Kemendikbud.

Adapun peseryaratan seleksi PPPK tahap I tahun 2019 adalah, tenaga guru di lingkungan pemerintah daerah dengan kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar. Untuk tenaga kesehatan memiliki kualifikasi pendidikan minimal D-III bidang kesehatan dan mempunyai STR. Sedangkan untuk penyuluh pertanian, memiliki kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang pertanian plus sertifikasi di bidang pertanian. Dari hasil pemetaan data tenaga honorer daerah kategori II, yang dapat mendaftar adalah 22 orang yang terdiri dari guru 17 orang, tenaga kesehatan 0 dan lima orang lainnya penyuluh pertanian berdasarkan SK Menteri Pertanian atau MoU antara Kementrian Pertanian dengan Pemerintah Daerah.

“Formasi yang dibuka sesuai yang dikeluarkan pemerintah pusat,” kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Sahaya Mokoginta.

Ia mengakui, pihaknya siap melaksanakan rekrutmen PPPK tahap I tahun ini. “Pada prinsipnya kita siap, untuk teknisnya nanti kita menunggu dari pusat,” tambahnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here