Residivis Curanmor Asal Bolmut Ini, Divonis 3,6 Tahun Penjara

0
261
Residivis Curanmor Asal Bolmut Ini, Divonis 3,6 Tahun Penjara Kotamobagu
Terdakwa bersama tahanan lain digiring kembali ke Rutan usai persidangan

ZONA HUKRIM – Setelah menjalani rentetan agenda persidangan, terdakwa Haryanto Lakoro (27), warga Desa Talaga Pantai, Kecamatan Bintauna, Bolmut, akhirnya menjalani sidang putusan di Pengadilan Negeri Kotamobagu, Selasa (01/03) pagi.

Majelis hakim yang diketuai, Dewantoro SH, MH., serta hakim anggota Friska Yustisari Maleke, SH, MH., dan Noula M. M. Pangemanan SH, M.Hum., dalam amar putusannya menjatuhkan vonis 3 tahun 6 bulan pidana penjara kepada terdakwa.

Majelis hakim berkeyakinan dalam putusannya bahwa terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencurian. Sebagaimana diatur dalam Pasal 363 ayat (1) ke 5 KUHPidana dan Pasal 193 ayat (1) KUHAPidana.

Menurut majelis hakim, hal-hal yang memberatkan karena perbutan terdakwa meresahkan dan merugikan orang lain. Terdakwa juga merupakan residivis kasus serupa. Sementara hal yang meringankan karena terdakwa masih berusia muda dan bersikap sopan di persidangan.

Putusan majelis hakim tersebut lebih tinggi dari tuntutan jaksa yang sebelumnya menuntut terdakwa 3 tahun penjara. Sementara, Jaksa Prima Poluwakan SH, mengaku masih pikir-pikir atas putusan tersebut.

“Putusan ini masih akan saya beritahukan kepada jaksa yang menagani perkara ini. Perkara ini bukan saya yang menangani langsung. Majelis hakim memberikan waktu 7 hari apakah banding atau menerima putusan ini,” terangnya.

Sekadar diketahui, terdakwa Haryanto Lakoro pada Tahun 2014, pernah dihukum dengan kasus yang sama dan telah menjalani hukumannya. Namun aksi itu diulanginya lagi dengan melakukan pencurian di depan Kantor BKD Bolmut pada 18 November 2015 lalu. Dalam aksinya, terdakwa berhasil menggasak sepeda motor Yamaha Vega-R, Nopol DM 3981 BD, milik korban Gustaman Van Gobel.

Reporter: Zulkifli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here