Rizky : Tarif Retribusi Wisata Danau Mooat Naik Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan

Rizky : Tarif Retribusi Wisata Danau Mooat Naik Tak Pengaruhi Kunjungan Wisatawan Boltim Wisata
Rizky Lamaluta

ZONA BOLTIM – Kepala Dinas Pariwisata, Kabupaten Bolmong Timur (Boltim) Rizky Lamaluta, menilai perbaikan infrastruktur pariwisata dapat memberikan kontribusi positif terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Peningkatan infrastruktur memang ditujukan untuk menggaet wisatawan berkunjung ke sini. Itu artinya, dari kunjungan tersebut cukup signifikan mendorong PAD dari sektor pariwisata daerah,” katanya, kala dihubungi dengan wartawan, Senin (20/05/2019).

Terlebih, Rizky mengaku, dengan penetapan tarif retribusi pada beberapa objek wisata, semisal, Kawasan Danau Mooat, serta sejumlah destinasi wisata yang tersebar di beberapa wilayah itu, secara bertahap mampu mendorong gairah kunjungan wisatawan ke daerah. “Dari tahun ke tahun, angka kunjungan wisatawan lokal maupun dari manca negara naik drastis. Ini akan mendorong gairah industri pariwisata bergeliat,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Kabid Pengembangan Destinasi, Rasno Sugeha, menambahkan, penetapan target sebesar Rp2,8 juta bisa tercapai. “Optimis mencapai target. Itu diukur dari jumlah wisatawan yang datang ke daerah ini, utamanya di Kawasan Danau Mooat cukup tinggi,” tambahnya.

Trepisah, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD), Oskar Manoppo, menuturkan, sebelumnya target PAD Dinas Pariwisata mencapai 99,28 persen dari target Rp25 juta per tahun. “Makanya, target kita tingkatkan jadiRp 27.850.000. Target ini diharapkan bisa dicapai bukan hanya di Dinas Pariwisata, melainkan juga di instansi lain,” pungkasnya. (iza)

Leave a Response