Rp 33 Miliar Anggaran Pembangunan RSUD Dipastikan Masuk Kotamobagu

0
300
Rp 33 Miliar Anggaran Pembangunan RSUD Dipastikan Masuk Kotamobagu Kotamobagu
Ir Tatong Bara

ZONA KOTAMOBAGU – Upaya Wali Kota Kotamobagu Ir Hj Tatong Bara untuk melakukan lobi anggaran pusat untuk masuk daerah mulai membuahkan hasil. Pasalnya, tahun 2015 ini hampir dipastikan anggaran sebesar Rp33 miliar akan masuk ke Kotamobagu.

Anggaran tersebut diperuntukkan bagi proses pembangunan guna peningkatan status dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kotamobagu, yang saat ini masih type C ke type B. Begitu disampaikan Wali Kota dalam sidang paripurna tahap I DPRD Kotamobagu untuk pembahasan LKPJ Wali Kota, Senin (06/04).

“Seluruh rumah sakit yang akan dijadikan rujukan secara regional di Indonesia, akan mendapatkan dana sebesar Rp18 miliar dari pemerintah pusat, sementara ada juga dana sebesar Rp15 miliar yang berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK) yang diberikan pemerintah pusat untuk rencana peningkatan status RSUD Kotamobagu,” papar Wali Kota.

Dikatakannya, dana tersebut akhirnya bisa diperoleh Kotamobagu setelah adanya Surat Keputusan (SK) dari Pemprov Sulut untuk menjadikan RSUD Kotamobagu berstatus rumah sakit rujukan di wilayah Bolaang Mongondow Raya.

“SK untuk menjadikan RSUD Kotamobagu sebagai rumah sakit rujukan sudah dikeluarkan oleh Pemprov Sulut. Makanya kita bisa mendapatkan dana itu dengan dasar SK tersebut,” tambahnya.

Tatong pun menargetkan tahun 2017 nanti, RSUD Kotamobagu akan beralih status ke tipe B. “Mudah-mudahan apa yang kita targetkan dimana tahun 2017 nanti, RSUD Kotamobagu sudah bisa meningkat statusnya ke tipe B, dan menjadi rujukan yang ideal bagi masyarakat Bolmong Raya,” tutupnya.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here