Rudis Bupati Boltim Dibangun di Kawasan Danau Pandebulan Hutan Kota Tutuyan

0
240
Rudis Bupati Boltim Dibangun di Kawasan Danau Pandebulan Hutan Kota Tutuyan Boltim Headline
Gambar bangunan rumah dinas Bupati Boltim yang akan dibangun di kawasan danau Pandebulan Hutan Kota Tutuyan.

ZONA BOLTIM – Pembangunan rumah dinas (Rudis) Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) mulai dikerjakan tahun ini.

Adapun total anggaran yang dialokasikan untuk pembangunan Rudis Bupati ini senilai Rp7 miliar melalui APBD 2022.

Bupati Sam Sachrul Mamonto mengatakan, pembangunan rudis bupati segera dikerjakan dan akan rampung tahun ini.

“Tidak seperti daerah lainnya yang menggelontorkan dana besar untuk pembangunan rumah dinas. Di Boltim, kita hanya mengalokasikan Rp7 miliar untuk pembangunan rudis bupati. Dan mulai dikerjakan tahun ini hingga tuntas dan siap ditempati,” kata bupati Sachrul Mamonto saat pertemuan dengan wartawan pos liputan Boltim, Rabu (16/3).

Sachrul juga mengungkapkan, rencana lokasi pembangunan rumah dinas bupati boltim yakni, dibangun di kawasan danau hutan kota ibu kota Tutuyan.

“Konsep pembangunannya seperti rumah dinas yang ada di Istana Bogor. Jadi rudis bupati boltim kita bangun di kawasan danau Pandebulan Tutuyan. Jika di Istana Bogor memiliki kolam di depan, di Boltim rudis Bupatinya mempunyai latar belakang danau dan hutan kota Tutuyan,” ungkap bupati.

Lanjut bupati mengatakan, setelah rumah dinas selesai dibangun, kemudian akan dilakukan penataan kawasan danau yang nantinya akan menjadi daya tarik khusus dan menjadi tempat wisata akhir pekan.

“Di pinggir danau nantinya akan ditanami pohon dan dibangun joggin track, yang nantinya masyarakat bisa melakukan aktifitas seperti berolahraga serta ber-swafoto di akhir pekan,” tuturnya.

Dijelaskan bupati, sesuai perencanaan pembangunan, di tengah danau nantinya akan dibangun Gazebo yang bisa digunakan untuk kegiatan seperti acara pertemuan.

“Di tengah danau akan dibikin seperti panggung terbuka bisa untuk konser dan lain-lain. Anak muda bisa berkreatifitas di sini. Jadi tiap akhir pekan rumah dinas bupati akan dibuka untuk masyarakat,” jelasnya.

Bupati juga menerangkan, penempatan banguna Rudis ini juga sekaligus untuk menjaga kelestarian alam yang berada di sekitar Danau Pendebulan.

“Dibelakang Danau ada hutan primer yang tidak bisa dirusak dan harus kita jamin kelestariannya. Selain itu, lokasi sekitar Rudis akan dijadikan tempat wisata sekaligus spot pemancingan bagi masyarakat umum,” terang bupati.

Sementara itu, untuk pembangunan Rudis Wakil Bupati, rencananya akan dianggarkan pada tahun 2023 mendatang.

“Rudis Wakil Bupati nanti kita anggarkan pada tahun depan, untuk lokasinya masih akan dilihat tempat yang cocok untuk pembangunannya,” pungkas Sachrul. (*/guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here