Saharin: Pengangkatan BPD Harus Demokratis, Jangan Sembarang Tunjuk

0
375
Saharin: Pengangkatan BPD Harus Demokratis, Jangan Sembarang Tunjuk Boltim

Foto : Saharin Mokoginta

ZONA BOLTIM –Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, seharusnya Ketua maupun anggotanya paham tugas dan fungsi (tupoksi) mereka masing-masing. Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Pemdes) BPMPD Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Saharin Mokoginta, akhir pekan kemarin.

Saharin menjelaskan, BPD melakukan pengawasan dalam hal penetapan peraturan desa, termasuk APBDes dan kebijakan lain yang ditetapkan oleh sangadi (kepala desa, red). BPD juga kata dia, harus punya andil besar dalam pembanguan desa. “Jangan, hanya atas nama BPD sementara tidak paham dengan tupoksinya,” tutur Mokoginta.

Dikatakannya lagi, BPD merupakan badan vital guna kesejahteraan masyarakat, karena pentingnya lembaga tersebut, maka pengangkatannya seharusnya secara demokratis, bukan sembarang ditunjuk. apalagi hal itu bukan merupakan hak prerogatif Sangadi. “Jangan hanya sembarangan ditunjuk, setelah dilantik, tidak tau bekerja,” kata Mokoginta.

Dirinya berharap, semua BPD yang ada berperan aktif dalam pembanguan desa. “Tak hanya BPD, tapi semua aparat dalam desa harus bersama-sama membangun desa,” tambah Mokoginta.(gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here