Sambangi DPRD dan Pemkab, Warga Minta Sangadi Nonapan 1 Dilantik

0
300

Sambangi DPRD dan Pemkab, Warga Minta Sangadi Nonapan 1 Dilantik Bolmong

ZONA BOLMONG – Agenda pelantikan sangadi (kepala desa) terpilih hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 95 desa se-Bolaang Mongondow (Bolmong) akan digelar Rabu (20/01) besok. Namun agenda tersebut dipertanyakan warga lantaran salah satu sangadi terpilih tidak menerima undangan pelantikan.

Atas itu, Selasa (19/01) sekira pukul 14:30 Wita, warga Desa Nonapan 1 pun menyambangi Kantor Pemkab dan DPRD guna meminta kejelasan soal pelantikan kades tersebut.

“Kami meminta Pemkab melantik Kades Nonapan 1 terpilih. Jika tidak, kami minta DPRD memfasilitasi masalah ini. Kedatangan kami karena menjelang pelantikan besok, hingga kini calon terpilih belum menerima undangan pelantikan,” kata salah satu warga, Iskandar Mokodongan.

Menurutnya, dalam Pilkades serentak 95 desa, hasil Pilkades Nonapan 1 sama sekali tidak ada kecurangan, “Sempat ada isu bahwa Kades terpilh bukan warga Nonapan 1. Namun, kami bisa memperlihatkan surat domisili yang dimilikinya beserta dokumen-dokumen yang mengesahkan Pilkades,” ujarnya.

Warga mengancam jika Kades terpilih tidak dilantik, maka mereka akan membawa kasus ini ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN), “Karena pemilihan tersebut tidak ada permasalahan apalagi turut dihadiri pihak kepolisian, TNI dan Pemerintah Kecamatan,” katanya.

Ketua Komisi 1 DPRD Bolmong, Yusra Alhabsyi, yang menemui warga mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi warga tersebut, “Kami akan berkonsultasi dengan Pemkab guna mencari kejelasan terkait permasalahan ini,” ujarnya.

Sementara, Asisten Pemerintahan Pemkab Bolmong, Chris Kamasaan, mengatakan, pelantikan tetap akan dilaksanakan, “Esok, tetap dilantik,” katanya.

Meski demikian ia belum merilis siapa-siapa Kades terpilih hasil Pilkades 95 desa yang akan dilantik dan tidak dilantik, “Untuk jumlah yang akan dilantik, nantilah lihat saat pelantikan,” ujarnya.

Dari 95 desa di Bolmong yang menggelar Pilkades, sebanyak 83 desa yang hasilnya tidak digugat. Sementara, sebanyak 12 desa hasilnya didugat secara tertulis.

Reporter: Wiradi Gilalom

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here