Mekal Wakili Ketua DPRD se-Sulut Sambutan dalam Penyampaian LHP-BPK

0
81
Mekal Wakili Ketua DPRD se-Sulut Sambutan dalam Penyampaian LHP-BPK Headline Politik
Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag (tengah) menyampaikan sambutannya di acara penyampaian LHP BPK kepada pemerintah daerah se-Sulut.

ZONA POLITIK – BPK RI Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) menyampaikan Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tentang Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) se-Sulut tahun 2019, Senin (11/5).

Penyampaian LHP dilaksanakan secara virtual. Kepala BPK RI Perwakilan Perwakilan Sulut, Karyadi, menyampaikan hasil pemeriksaan dari kantornya di Manado.

Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw, 15 kepala daerah se-Sulut, serta Ketua DPRD se-Sulut, tampak juga hadir secara virtual dalam penyyampaian LHP.

Menariknya, dalam acara tersebut BPK RI Perwakilan Sulut meminta Ketua DPRD Kotamobagu Meiddy Makalalag (Mekal) menyampaikan sambutannya mewakili seluruh Ketua DPRD se-Sulut.

Disaksikan Ketua BPK RI Perwakilan Sulut, Gubernur Sulut, Ketua DPRD Sulut, para kepala daerah dan Ketua DPRD se-Sulut, Mekal mengucap syukur karena Kotamobagu untuk kali ke-7 berhasil mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Mekal mengapresiasi BPK RI Perwakilan Sulut yang tetap bisa menjalankan tugas dan fungsinya dengan baik di tengah pandemi Covid-19. “Apresiasi kami kepada seluruh auditor yang bertugas di semua daerah di Sulut yang bisa menjalankan tugas dan fungsi dengan baik. Bukan hanya memeriksa laporan keuangan pemerintah daerah, tetapi juga memeriksa kinerja atas efektivitas tata kelola pemerintah daerah dalam perencanaan dan penganggaran daerah,” kata Mekal didampingi Wakil Ketua DPRD, Syarifuddin Mokodongan.

Mekal melanjutkan, keberhasilan pemerintah daerah dalam pengelolaan keuangan, tak lepas juga dari bimbingan dan arahan Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan jajarannya dalam proses evaluasi perencanaan APBD setiap tahun berjalan. “Tanpa perencanaan dan evaluasi yang baik, kami yakin dan percaya Kotamobagu dan semua daerah di Sulut tidak akan dapat menjalankan fungsi tata kelolah keuangan serta pembangunan yang baik dan efektif,” pungkasnya.

Sebagai informasi, sejak dilantik sebagai Ketua DPRD Kotamobagu pada Oktober 2019 lalu, Mekal sudah dua kali ditunjuk oleh BPK RI Perwakilan Sulut untuk menyampaikan sambutan di kegiatan yang mereka laksanakan.

Pertama pada penyerahan LHP Atas Pemeriksaan Kinerja dan Pemeriksaan dengan Tujuan Tertentu Semester II Tahun 2019 yang dia hadiri bersama Wali Kota Tatong Bara. (guf)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here