Sangadi Poyowa Kecil Segera Dilantik

Sangadi Poyowa Kecil Segera Dilantik Kotamobagu
Anas Tungkagi

ZONA KOTAMOBAGU – Desa Poyowa Kecil, Kecamatan Kotamobagu Selatan, tidak lama lagi akan memiliki sangadi (kepala desa, red) definitif. Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan sangadi terpilih hasil Pemilihan Sangadi (Pilsang) antar waktu direncanakan dilakukan akhir tahun ini.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Anas Tungkagi, mengatakan laporan hasil pelaksanaan Pilsang sudah diserahkan panitia pelaksana Pilsang ke Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan ditindaklanjuti ke Pemerintah Kota (Pemkot). “Laporan hasil Pilsang sudah kita terima, dan sekarang sedang dalam pengkajian,” katanya.

Ia mengungkapkan, pelantikan sangadi terpilih direncanakan dilakukan akhir tahun ini. Hal itu dimaksudkan agar setelah dilantik sangadi terpilih bisa langsung action dengan berbagai program dan kegiatan untuk tahun 2019. “Kalau tidak akhir tahun ini, paling lambat awal Januari pelantikannya. Waktu pelantikannya kita sesuaikan dengan akhir tahun atau awal tahun, agar pertanggungjawaban APBDes 2018 yang menjadi tanggung jawab penjabat sangadi sudah diselesaikan sebelum ada serah terima jabatan,” ungkapnya.

Pilang antar waktu Da Poowa Kecil dlaksanakan pada 22 Oktober lalu. Habel Lokiman dipilih mayoritas pemilik suara yang terdiri dari perwakilan tiap unsur desa. Calon nomor urut 2 itu mendapat dukungan 28 suara. Sedangkan dua pesaingnya masing-masing hanya mendapat 15 dan 7 suara dari total 50 suara sah.

“Semua masyarakat harus mendukung sangadi terpilih, agar proses pemerintahan dan pembangunan di dalam desa bisa berjalan dengan baik. Kemudian bagi sangadi terpilih, harus merangkul semua masyarakat dan bersama membangun desa,” Wakil Wali Kota, Nayodo Koerniawan. (ads/trz)

 

Leave a Response