Home Headline Satlantas-Pemkot Kotamobagu Finalisasi Draft MoU Penerapan Tilang Elektronik

Satlantas-Pemkot Kotamobagu Finalisasi Draft MoU Penerapan Tilang Elektronik

0
98

Satlantas-Pemkot Kotamobagu Finalisasi Draft MoU Penerapan Tilang Elektronik Headline Kotamobagu  ZONA KOTAMOBAGU – Tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) segera diterapkan di wilayah Kota Kotamobagu. Hal ini setelah Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Kotamobagu menggelar rapat bersama dengan instansi teknis Pemkot Kotamobagu yakni, Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Perhubungan (Dishub) dan Bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Kotamobagu, bertempat di ruang kerja Kepala Dinas Kominfo, Kamis (18/3).

“Iya tadi kita rapat bersama Satlantas Polres Kotamobagu, Dishub dan Bagian Hukum, membahas finalisasi draft MoU penerapan e-tilang,” kata Kepala Dinas Kominfo Kotamobagu, Fahri Damopolii.

Menurut Fahri, pertemuan tersebut merupakan tindak lanjut dari rapat yang dilaksanakan di Kantor Satlantas Polres Kotamobagu beberapa hari lalu. “Agendanya untuk membahas poin-poin kerjasama dalam draft MoU dan PKS (Perjanjian Kerja Sama) antara Pemkot Kotamobagu dan Polres Kotamobagu terkait penerapan e-tilang di wilayah Kota Kotamobagu,” ujarnya.

“Rapat masih akan dilanjutkan pada Senin 22 Maret 2021, untuk finalisasi akhir terhadap draft Mou dan PKS, sebelum ditandatangani oleh para pihak yang terlibat langsung dalam penerapan e-tilang,” tambahnya.

Sebelumnya, kata Fahri, Dinas Kominfo sendiri dalam keterlibatan tilang elektronik ini, yakni penggunaan fasilitas CCTV yang telah terpasang di 8 titik di Kota Kotamobagu, Diantaranya; Di pintu masuk Kotamobagu Kelurahan Mongkonai, traffic light perempatan Kelurahan Molinow, traffic light perempatan kelurahan Mogolaing, bundaran Paris Kotamobagu, traffic light perempatan MABM Kotamobagu, depan kantor Wali Kota Kotamobagu, Pertigaan SDN 1 Kotamobagu dan traffic light di perempatan Kelurahan Matali.

“Prinsipnya Pemkot Kotamobagu sangat terbuka, sebagaimana selalu yang disampaikan oleh Wali Kota kalau seluruh fasilitas infrastruktur yang ada, kami membuka diri untuk bekerja sama dengan seluruh pihak, terutama dari Polri, sebab ini juga terkait dengan kebutuhan dan kenyamanan bersama, dalam hal kedisiplinan berlalu lintas,” pungkasnya.

Sementara itu, Kasat Lantas Polres Kotamobagu, AKP Novita Citra Restika SIK mengatakan, pihaknya dalam penerapan tilang elektronik bekerja sama dengan Pemkot Kotamobagu. “Penerapan ETLE launching tanggal 24 Maret seluruh indonesia, termasuk Kota Kotamobagu,” singkatnya. (guf)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here