Sebut Penerbit Kacau, Alan Sarankan Penulis Terbitkan Buku Sendiri

0
260
Sebut Penerbit Kacau, Alan Sarankan Penulis Terbitkan Buku Sendiri Pendidikan
Alan Moore | Fotografer: Phil Fisk | The Guardian

ZONA PENDIDIKAN – Dalam sebuah video yang pernah dimuat di Youtube lima tahun lalu, komikus hebat Alan Moore memberikan saran yang mengejutkan untuk para penulis.

Video itu direkam melalui telepon seluler seseorang pada saat aksi Save Our Library Day di St. James Library, Northampton, UK.

Pada mulanya pembuat komik terkenal V for Vendetta itu memberikan saran yang biasa-biasa saja kepada para penulis.

Menulislah setiap hari, katanya, dan kritislah terhadap diri sendiri. “Jangan menyalahkan diri sendiri, tapi lihatlah karyamu dan berpikirlah: aku mungkin bisa melakukan itu lebih baik lagi. Kamu akan tahu di mana kelemahanmu, kelemahan yang tidak terlalu terlihat. Lakukan lagi, atau lain waktu kamu mencoba menulis sebuah cerita dan lakukanlah dengan sedikit lebih baik,” kata Alan sebagaimana dilansir spoila.net, Sabtu (21/11).

Setelah memberikan saran yang terdengar biasa-biasa saja, kemudian Alan Moore berbicara tentang penerbitan dan dia memulai kritikannya.

“Saran ketiga saya: penerbitan hari ini betul-betul kacau. Aku mengenal pengarang-pengarang brilian yang bukunya tidak berhasil diterbitkan,” katanya. “Terbitkan sendiri. Hal itu akan menjadi lebih mudah.”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here