Sekda Bolmong Resmikan Rumah Adat Motayok di Bilalang

0
63

Sekda Bolmong Resmikan Rumah Adat Motayok di Bilalang Bolmong

ZONA BOLMONG – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) meresmikan Rumah Adat Motayok yang berdiri di Desa Bilalang, Jumat (19/02). Bupati Bolmong yang diwakili Sekertaris Daerah (Sekda) Ashari Sugeha berkesempatan meresmikan rumah adat yang merupakan bagian dari Program Revitalisasi Desa Adat dan Rumah Adat yang dicanangkan Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2015.

Acara dimulai dengan penjemputan Adat Itum-Itum oleh Pemangku Adat. Kepala Balai Pelestarian Budaya (BPNB) Manado, Rusli Manorek, dan Nujul Kristanto hadir mewakili Direktur PKT Dirjen Kebudayaan Republik Indonesia.

Sehabis penjemputan Adat, dilakukan Gunting Pita serta penandatangan prasasti oleh Sekda Bolmong Drs. Ashari Sugeha, dilanjutkan dengan peninjauan Rumah Adat Motayok oleh seluruh rombongan.

Pada kesempatan itu, Sekda Bolmong membacakan sambutan dari Bupati Bolmong Salihi Mokodongan, yang pada pokoknya menyambut baik persemian Rumah Adat yang menurutnya dapat memotivasi masyarakat dalam upaya melestarikan nilai adat dan budaya setempat.

Kepala BPNB Manado juga menyampaikan, agar ke depan, terus tumbuh komunitas adat dan budaya, baik itu dalam bentuk Sanggar yang dapat berpartisipasi dalam pelestarian Adat dan Budaya Nusantara, karena pemerintah pusat membuka peluang bantuan bagi seluruh komunitas adat di Desa yang konsen terhadap Kebudayaan.

“Pondasi pembangunan nasional yang bersifat universal ada pada budaya, sehingganya pemerintah pusat menaruh perhatian serius terhadap hal ini,” kata Rusli Manorek.

Dalam persemian ini, turut hadir Assisten III Pemkab Bolmong, Ulfa Paputungan, jajaran SKPD, Sangadi se-Kecamatan Bilalang, dan staf BPNB Manado.(irgi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here