Sektor Wisata Tunjang Pengembangan UKM

0
83
Sektor Wisata Tunjang Pengembangan UKM Kotamobagu
Herman Aray

ZONA KOTAMOBAGU — Pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) menjadi salah satu fokus perhatian Pemerintah Kota (Pemkot). Selain memberi berbagai kemudahan akses serta pelatihan bagi setiap pelaku usaha, Pemkot juga berencana memfasilitasi setiap produk UKM bisa dipasarkan melalui tempat-tempat wisata.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM, Herman Aray, mengatakan pengembangan UKM menjadi salah satu poin yang dibahas dalam Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (Ripparda).

“Salah satu yang kita dorong dalam Ranperda Ripparda adalah soal pemasaran produk-produk UKM hasil olahan pelaku usaha lokal. Nantinya, setiap produk UKM bisa dipasarkan di tempat-tempat wisata, karena keberadaan pelaku usaha di tempat wisata merupakan sesuatu yang paling dicari oleh wisatawan. Karena itu, kita dorong pengembangan UKM lewat tempat wisata. Itu juga menjadi bagian dari memperkenalkan produk unggulan daerah kita kepada wisatawan khususnya yang berasal dari luar daerah,” kata Aray.

Ia mengungkapkan, pengembangan UKM yang dikelola masyarakat dapat memberi dampak positif terhadap peningkatan ekonomi masyarakat. “Pelaku usaha lokal terus kita dorong, karena ini sangat berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

Disis lain, ia mengimbau para pelaku UKM untuk terus meningkatkan kualitas produk usahanya masing-masing, agar bisa menarik minat pembeli dan bisa bersaing dengan produk-produk lainnya. “Soal rasa maupun kemasan harus diperhatikan, karena itu menjadi penentu produk usahanya bisa dilaris di pasaran,” imbaunya. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here