Sekwan Tindaklanjuti Pengunduran Diri Ketua DPRD Boltim

0
619
Sekwan Tindaklanjuti Pengunduran Diri Ketua DPRD Boltim Boltim
Husain Mamonto

ZONA BOLTIM – Ketua DPRD Kabupaten Bolmong Timur (Boltim), Sam Sachrul Mamonto, membuktikan keseriusannya untuk maju sebagai bakal calon bupati dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 9 Desember mendatang. Hal itu menyusul telah dilayangkan surat pernyataan penguduran dirinya sebagai Ketua DPRD Boltim, Jumat (24/7) pekan lalu.

Hal itu dibenarkan Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Boltim, Husain Mamonto. Kata dia, pihaknya telah menerima konfirmasi surat pernyataan pengunduran diri Sachrul Jumat lalu. “Surat pemberitahuan sudah kami terima. Pekan lalu, suratnya dia layangkan ke pimpinan dewan,” ungkap Husain, Selasa (28/07).

Lanjutnya, langkah ini diambil mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi yang mewajibkan anggota maupun pimpinan DPRD dan pegawai negeri, untuk mengundurkan diri (bukan cuti) jika ingin mencalonkan diri sebagai kepala daerah. “Setelah ditetapkan oleh KPU sebagai calon, selama enam puluh hari baru diproses pergantian antar waktu (PAW),” paparnya.

Senada dikatakan Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Boltim, Samsudin Dama. Menurutnya soal prosedur pengunduran, pimpinan DPRD hanya menunggu permohonan. Selanjutnya permohonan pengunduran diri tersebut dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk dikeluarkan Surat Keputusan (SK) pengunduruan diri.

“SK anggota DPRD itu SK Mendagri, jadi pengunduran diri juga harus SK Mendagri. Mereka nanti hanya mengajukan permohonan ke pimpinan, kemudian akan kami teruskan ke Kemendagri,” terangnya.

Perlu diketahui, Sam Sachrul Mamonto dipastikan maju dalam Pilkada Boltim berpasangan dengan Medy Lensun. Keduanya, diusung oleh PDI Perjuangan dan Partai Nasdem. Namun demikian, keduanya belum mendaftarkan diri hingga ditutupnya tahap satu pendaftaran pasangan calon kepala daerah oleh KPU setempat.

Reporter: Rahman Igirisa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here