Selangkah Lagi Pemkot Tinggalkan BSG

0
216
Selangkah Lagi Pemkot Tinggalkan BSG Kotamobagu
Kantor Banks SulutGo Cabang Kotamobagu.

ZONA KOTAMOBAGU — Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) Pemerintah Kota (Pemkot) tidak lama lagi akan dipindahkan dari Bank SulutGo (BSG) ke BNI. Pemkot tinggal menyelesaikan proses pelaporan soal pemindahan anggaran daerah sekaligus penutupan rekening di BSG.

“Tinggal menunggu proses itu selesai. Untuk sekarang ini penerimaan pendapatan dan pembayaran belanja daerah masih tetap di Bank SuluGo. Untuk transaksi awal di BNI belum bisa dipastikan, yang pasti nanti semua proses itu selesai,” kata Kepala Bidang Perbendaharaan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Syarifudin Abas.

Ia mengungkapkan, berbagai persiapan sudah dilakukan pihaknya terkait rencana pemindahan RKUD ke BNI, seperti laporan ke kementrian terkait termasuk pembukaan rekening BNI. “Untuk rekening BNI sudah siap sejak Januari. Nanti setelah RKUD sudah di BNI baru pembukaan rekening pegawai secara bertahap. Begitu juga dengan perangkat desa, imam, pegawai syari’i dan lainnya yang menerima insentif daerah,” ungkapnya.

Ditambahkannya, kepala daerah memiliki kewenangan untuk menentukan perbankan untuk penempatan RKUD. “Ini sesuai PP (Peraturan Pemerintah) nomor 39 tahun 2007 tentang pengelolaan keuangan negara atau daerah,” tambahnya. (ads/trz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here