Seleksi CPNS Ketat, Banyak Pelamar Dari Luar Daerah

ZONA KOTAMOBAGU – Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bakal berlangsung ketat. Oleh karena itu, para putra-putri daerah diminta untuk menyiapkan diri dan terus berlajar agar bisa bersaing dengan pelamar dari daerah lain.

“Persaingan bukan hanya dengan sesama anak daerah, tapi juga dengan pelamar dari daerah lain. Ini tantangan bagi anak-anak kita. Kuncinya untuk meraih sukses hanya belajar, belajar dan belajar,” kata Sekretaris Daerah (Sekda), Adnan Massinae.

Ia mengungkapkan, hasil seleksi CPNS ditentukan oleh capaian masing-masing peserta, dan tidak ada yang bisa menjamin kelulusan seseorang. “Yang menentukan lulus atau tidak itu adalah hasil mereka sendiri. Kuncinya hanya belajar, karena persaingan semakin ketat,” ungkapnya.

Rekrutmen CPNS terbuka untuk semua warga negara Indonesia. Itu artinya, siapa saja yang memenuhi syarat bisa ikut seleksi. “Yang tidak diperbolehkan adalah warna negara asing. Siapapun dia dan dari mana dia berasal, bisa ikut seleksi,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Sahaya Mokoginta.

Pelamar CPNS yang sudah menyelesaikan pendaftaran via online sudah lebih dari 200 orang. Para pelamar itu tak hanya berasal dari Kota Kotamobagu saja, tapi ada juga yang dari luar daerah. “Ada juga yang dari luar daerah mendaftar di sini,” sebutnya. (ads/trz)

Leave a Response