Sembilan Pejabat Tinggi Pratama II Ikut Uji Kompetensi

0
146
Sembilan Pejabat Tinggi Pratama II Ikut Uji Kompetensi Headline Kotamobagu
Foto bersama panitia seleksi dan pejabat tinggi yang mengikuti uji kompetensi.

ZONA KOTAMOBAGU – Sembilan Pejabat Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) mengikuti uji kompetensi yang diselenggarakan Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP). Kegiatan itu dilaksanakan Jumat (21/2), di ruang kerja wali kota.

Ada sembilan pejabat yang mengikuti uji kompetensi untuk pengisian jabatan-jabatan eselon II B, yakni ; Asisten Administrasi Umum, Inspektur Daerah, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Kepala Dinas Sosial, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan, serta Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik.

“Pejabat yang ikut uji kompetensi ini semuanya definitif pada jabatannya masing-masing. Ini hanya penyegaran saja,” kata Ketua Panitia Uji Kompetensi, Sande Dodo.

Uji kompetensi itu dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Pemerintah (PP) nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PNS. Dalam Pasal 132 ayat 1, disebutkan; pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) melalui mutasi dari satu JPT ke JPT yang lain dapat dilakukan melalui uji kompetensi diantara pejabat pimpinan tinggi dalam satu instansi. Pejabat atau peserta yang mengikuti uji kompetensi itu adalah mereka yang menduduki jabatan paling singkat dua tahun dan paling lama lima tahun.

Uji kompetensi itu wajib dilakukan wali kota selaku Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) dalam memutasi pejabat dari satu JPT ke JPT yang lain. Hasil uji kompetensi itu menjadi bahan pertimbangan wali kota dalam menempatkan pejabat tinggi pratama pada jabatan tertentu dengan kompetensi yang dimiliki, atau pada jabatan yang lebih rendah bahkan di non-jobkan. (gjm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here