Semua Puskesmas Mulai Action PISPK

0
130

Semua Puskesmas Mulai Action PISPK Headline

ZONA BOLMUT — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bolmut dalam beberapa bulan terakhir mulai menindaklanjuti ¬†realisasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PISPK) yang merupakan bagian dari agenda Nawa Cita ke-5 yakni meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kunjungan tenaga medis puskesmas ke rumah-rumah warga sebagai upaya perluasan perawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas).

Hal ini disampaikan Kadis Dinkes Bolmut melalui Kepala Bidang Promkes Ally Dumbela SKM MKes, Kamis (24/1). Dumbela menjelaskan, diantara kegiatan yang dilaksanakan dalam program ini yakni, kunjungan keluarga ujntuk pendataan/pengumpulan data profil kesehatan keluarga dan peremajaan (updating) pangkalan data,  kunjungan keluarga dalam rangka promosi kesehatan sebagai upaya promotof dan preventif, kunjungan keluarga untuk menindaklanjuti pelayanan kesehatan dalam gedung, pemanfaatan data dan informasi dari profil kesehatan keluarga untuk pengorganisasian/pemberdayaan masyarakat dan manajemen puskesmas.

Ditambahkan birokrat muda ini, konsep pendekatan keluarga dalam program ini merupakan bagian dari upaya puskesmas meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan/meningkatkan akses pelayanan kesehatan diwilayah kerjanya dengan mendatangi keluarga. Sebab sudah selayaknya puskesmas tidak hanya sebatas melayani masyarakat di dalam gedung, namun harus juga keluar gedung dengan cara mengunjungi keluarga di wilayah kerjanya.

“Kami berharap masyarakat yang dikunjungi tenaga medis puskesmas dapat membantu dengan memberikan data-data yang dibutuhkan, agar kami selaku institusi paling bertanbggungjawab dengan kegiatan ini bisa memiliki data akurat terkait kesehatan masyarakat di 6 kecamatan, serta mampu memnjabarikan fungsi kami dalam program ini yakni pengembangan sumber daya, koordinasi dan bimbingan serta pemantauan dan pengendalian,” tutupnya. (Rendy)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here