Seriusi Pengembangan Wisata, Pemkot Gelar FGD RIPDA

0
220

Seriusi Pengembangan Wisata, Pemkot Gelar FGD RIPDA Kotamobagu

ZONA KOTAMOBAGU – Pemerintah Kota (Pemkot) Kotamobagu terus mengupayakan pengembangan destinasi wisata di wilayahnya. Hal itu dibuktikan dengan digelarnya Focus Group Discucion FGD) terkait penyusunan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daearah (RIPDA) oleh Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah (Bapelitbangda) Kotamobagu.

“Kegiatan ini digelar, untuk membahas soal pengembangan potensi pariwisata di Kota Kotamobagu. Agar supaya pada saat perencanaan, tidak tumpang tindih dalam program yang terjadi di kemudian hari,” kata Kepala Bapelitbang Kotamobagu, Sofian Mokoginta.

Menurutnya, pertumbuhan sektor pariwisata punya dampak positif dalam pertumbuhan ekonomi daerah dan masyarakat. “Misalnya akan tercipta lapangan kerja, kemudian juga akan tumbuh usaha-usaha pendukung lainnya. Sehingga hal ini nantinya akan mengurangi angka kemiskinan serta menyedot lapangan kerja di wilayah ini,” ujarnya.

Kepala Bidang Litbang Atmawijaya Damopolii mengatakan, kegiatan FGD tentang RIPDA ini masih dalam tahap awal. Nantinya ada susulan terkait pembahasan lainnya. “Ini juga masih tahap identifikasi tempat-tempat pariwisata. Selanjutnya kita akan turun di setiap desa/kelurahan untuk melakukan survei. Tidak semua tempat wisata berpotensi, tapi diharapkan dapat juga menciptakan tempat destinasi wisata yang baru,” tandasnya.(ads/gito)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here