Setahun Rusak, Traffic Light Motabang Dikeluhkan

0
168

Setahun Rusak, Traffic Light Motabang Dikeluhkan Bolmong

ZONA BOLMONG — Keberadaaan traffik light di perempatan Desa Motabang, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) cukup meresahkan pengguna jalan dan pengendara. Pasalnya, sudah setahun traffic light itu tidak berfungsi.

”Traffik light di perempatan Motabang seharusnya di perbaiki, mengingat jangan sampai masyarakat pengguna jalan dan pengendara dirugikan akibat tidak berfungsinya traffic tersebut. Apalagi traffic tersebut tepat di simpang empat ibukota,” ungkap Napsia Potabuga, warga Bolangat saat menunggu mobil angkutan, Sabtu (03/04)

Salah satu warga Lolak, Rinda Puyongkong mengatakan, sudah bertahun-tahun traffic light itu tidak berfungsi. Padahal rambu lalu lintas itu sangat penting bagi pejalan kaki dan pengendara yang ingin melintas.

“Pemerintah harus segera memperhatikan ini, karena bisa memicu terjadinya kecelakaan lalu lintas. Apakah akan tunggu ada korban baru mau bergerak? Ini tempat yang ramai kendaraan dan pejalan kaki, jadi tak boleh dibiarkan,” ujar Rinda.

Menanggapi hal tersebut, Zulfadly Binol Kepala Bidang Prasarana Dinas Perhubungan Bolmong mangatakan, pihaknya sudah melakukan perbaikan pada traffic light tersebut belum lama ini.

“Sudah diperbaiki belum lama ini, tapi hanya berfungsi selama dua hari, kemudian kembali tidak berfungsi. Setelah dicek kembali kerusakannya ternyata ada alat yang koslet di dalam, jadi harus diperbaiki lagi,” papar Binol.

Ditambahkan, pihaknya sudah merencanakan untuk membawa alat traffic light tersebut ke Purwokerto, Jawa Tengah, untuk perbaikan. “Kita akan bawa ke sana (Purwokerto,red) untuk perbaikan. Nantinya akan diperiksa kira-kira kabel mana yang kurang, kabel uratnya kecil-kecil. Awalnya lampu warna kuning sudah menyala, setelah jalan dua hari, tiba-tiba berganti warna merah yang menyala, jadi harus dicek lagi. Intinya kami usahakan untuk dipercepat perbaikannya sehingga bisa cepat difungsikan,” jelasnya.

Terpisah, Jultje Tumanduk Pejabat Pelaksana Harian  (PLH)  Dishub Bolmong membenarkan perbaikan traffic light tersebut. “Jadi, kami pastikan segera diperbaiki supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan di perempatan tersebut. Semua tergantung dana, jadi kami akan konsultasikan dengan pihak Pemerintah Kabupaten Bolmong, apakah mau diperbaiki atau akan ada pengadaan kembali traffic light yang baru. Kita lihat kemampuan dana,” tutupnya.(gung)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here